Tanya Dokter

  • Ingin segera hamil dan konsumsi suplemen penyubur

  • Selamat malam dok, berhubung aku 1 bulan lagi akan menikah, dan innsyallah ingin sekali langsung memiliki momongan. Ada bbrp kerabat yg menyarankan untuk persiapan pra nikah dengan mengkonsumsi folavit 1000mg, agar asupan asam folatnya cukup sehingga saat mengandung nanti bayinya sehat. Apakah benar seperti itu dok? Dan amankah aku mengkonsumsi folavit 1000mg sebelum nikah? Terima kasih

    Halo

    Terima kasih atas pertanyaannya pada Alodokter

    Kehamilan merupakan salah satu yang paling dinantikan oleh para pasangan yang akan menikah atau baru menikah. Dan kehamilan sebaiknya dipersiapkan bahkan semenjak sebelum menikah. Namun memang tidak semua wanita akan langsung hamil setelah menikah karena proses pembuahan sel telur dan sel sperma bergantung pula pada masa subur masing-masing. (baca juga mengenai masa subur wanita dan masa subur pria)

    Konsumsi asam folat memang sebaiknya dilakukan semenjak sebelum kehamilan bahkan setelah melahirkan. Karena asam folat ini berfungsi untuk perkembangan otak dan organ janin. Cacat lahir biasanya terjadi pada minggu 3-4 kehamilan. Jadi sebaiknya konsumsi asam folat ini dilakukan setidaknya 3 bulan sebelum merencanakan kehamilan hingga sampai masa melahirkan dengan dosis 400 ug per harinya. Sehingga pada saat terjadi pembuahan, tubuh ibu sudah siap menjadi tempat untuk perkembangan bayi. Bila perlu, calon ayah juga mengkonsumsi asam folat juga. Karena konsumsi asam folat pada pria dapat meningkatkan kualitas genetik sperma yang nantinya akan diturunkan pada anak.

    Namun perlu diperhatikan, konsumsi asam folat ini juga sebaiknya dengan anjuran dari dokter spesialis kandungan atau spesialis gizi karena bila terlalu berlebihan dapat meningkatkan resiko autisme pada anak.

    Jadi sebaiknya sebelum anda mengkonsumsi asam folat tersebut, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter spesialis gizi atau spesialis kandungan terkait dengan program kehamilan Anda. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

    dr. Winda Indriati