Tanya Dokter

  • terapi obat untuk gagal jantung

  •  Najwa
    Anggota

    selamat malam,dokter. ibu saya dinyatakan cardiomyopathy diabeticum,dan decomp cordis. kakinya sering bengkak dan berat. pernah diberi valsartan+furosemid tapi tdk ada perkembangan berarti, saat sudah sangat parah pernah opname dan diberi dobutamine+furosemid. terapi obat apa yang baik utk keadaan ibu saya tanpa harus terus menerus diopname? untuk memghilangkan oedem kakinya

    Najwa  dr. Lina Saleh
    Dokter

    Selamat malam, Pada kondisi gagal jantung kongestif, jantung mengalami kesulitan dalam memompa darah ke seluruh tubuh. Akibatnya kerja jantung menurun, dan sirkulasi darah menjadi terhambat, baik darah segar yang seharusnya dipompa ke seluruh tubuh, maupun darah kotor yang seharusnya masuk ke dalam jantung dan paru, sehingga terjadi penumpukan darah dan menyebabkan timbulnya gejala-gejala pada gagal jantung, seperti sesak napas (akibat penumpuk cairan di paru) maupun pembengkakan kaki (penumpukan cairan di kaki). obat-obatan yang diberikan pada kondisi gagal jantung, biasa nya bertujuan untuk:

    • Memperkuat kerja otot-otot jantung dan memperbaiki ritme kerja nya, serta menurunkan denyut jantung. Obat yang digunakan adalah digoksin, sedangkan untuk memperlambat denyut jantung dapat digunakan digoksin atau beta blocker (bisoprolol)
    • Mengurangi beban kerja jantung dengan cara mengurangi tekanan darah dan memperlambat denyut jantung. Untuk menurunkan tekanan darah biasa digunakan obat ACE inhibitor (captopril, lisinopril,enalapril,dll) atau ARB (valsartan, losartan,candesartan).
    • Mengurangi gejala penumpukan cairan di tubuh. Golongan obat yang biasa digunakan adalah diuretik seperti furosemid, atau golong penghambat aldosteron seperti spironolakton. Obat tersebut bekerja dengan mengeluarkan cairan berlebih di tubuh melalui urin.
    Mengenai pemberian obat tentunya tidak dapat dilakukan sembarangan, karena pada kondisi ini setiap obat memiliki efek sampingnya. Perlu diketahui secara detail kondisi setiap pasien,sehingga dapat diketahui obat mana yang cocok dan obat mana yang harus dihindari. Sebaiknya anda kontrol ke dokter spesialis jantung, agar dapat diberikan penangan yang tepat dan sesuai. Sekian informasi dari saya, anda dapat membaca artikel terkait GAGAL JANTUNG.