Tanya Dokter

  • Obat gatal di kepala

  • Ass, dok, saya mau tanya, teman saya kan punyak kutu dok dari semenjak dia umur 6 tahun, dia dapat kutu itu dari teteh yah dok, sampai sekarang kutu yang dikepala nya tidak mau hilang dok, udah bermacam obat di buat nya gak mau hlang juga dok, dia binggung mau menghilang kan nya gimana lagi, kalau menurut dokter gimana yah dok?

    Halo,   Menangani kutu rambut bisa dilakukan dengan beberapa cara yakni :

    1. Cuci / keramas rambut setiap hari dengan shampoo yang sesuai.
    2. Melakukan pemotongan rambut sependek mungkin bisa membantu saat proses pengobatan.
    3. Jika memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, rawat dan obati mereka juga.
    4. Gunakan obat anti kutu rambut sejenis permetrin, malathion, lindane dll sesuai anjuran etiket yang disarankan.
    5. Hindari penularan ulang dengan cara mengganti bantal dengan yang baru, mencuci semua perlengkapan tidur seperti selimut, sarung bantal, guling, sprei dll dengan air panas.
    6. Obati juga kakak teman Anda sebagai penular agar tidak terjadi reinfeksi.
    7. Menggunakan sisir serit untuk menghilangkan telur kutu dari rambut. Lakukan penyisiran rambut secara rutin dengan sisir serit ini.
    8. Jangan berbagi barang pribadi seperti bantal, selimut, helm, sisir dll.
    Jika dengan cara diatas keluhan belum menghilang maka pemeriksaan ke dokter kulit akan diperlukan untuk membantu menghilangkan kutu tersebut. Dengan pemeriksaan seksama maka bisa diketahui juga apakah keluhan teman Anda benar adalah kutu rambut atau terdapat keluhan lain yang bisa memberikan keluhan gatal di kepala seperti Ketombe, dermatitis seboroik, infeksi jamur dll. Baca topik Kutu rambut.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi