Tanya Dokter

  • Obat gatal pasca herpes mengering

  • Selamat pagi dok, saya ingin bertanya obat apa yang dianjurkan untuk mengatasi rasa gatal setelah pasca herpes mengering, rasa gatal ini menyiksa, kadang-kadang saya garuk-garuk sampai lecet gitu dok. Mohon saran'nya dok :)

    Hai Rangga, Herpes merupakan infeksi kulit yang disebabkan oleh virus herpes. Pengobatan herpes dilakukan dengan pemberia obat antiviru sbaik antivirus yang diberikan dengan cara dioles atau antivirus yang diminum secara oral. Rasa gatal sangat sering dialami saat kulit sedang dalam masa penyembuhan baik dari luka ataupun dari infeksi. Oleh sebab itu, terkadang luka menjadi timbul kembali akibat garukan yang tidak disadari. Oleh sebab itu sebaiknya hindari menggaruk bagian kulit gatal yang sedang dalam masa penyembuhan karena dapat menyebabkan luka bahkan infeksi. Jika sangat gatal dan tidak tertahankan, anda dapat mengkonsumsi obat-obatan yang banyak dijual di pasaran seperti cetirizine dengan dosis yang sudah ditentukan. Anda dapat melakukan tips-tips di bawah ini:

    • Mengompres bagian yang gatal dengan air dingin
    • Melakukan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bernutrisi tinggi, istirahat minimal 8 jam dalam 1 hari, konsumsi air mineral minimal 2 lietr dalam 1 hari
    • Hindari menggunakan barang bersamaan dengan orang lain
    • Mencuci pakaian anda dengan bersih dan menggantinya setiap 2 kali dalam 1 hari
    Anda dapat membaca artikel di bawah ini: Herpes Semoga membantu dr. Yosephine

    Rangga Dwi Putra  Ferdi Wahyu
    Anggota

    Rangga Dwi Putra September 12, 2015 at 6:13 am Selamat pagi dok, saya ingin bertanya obat apa yang dianjurkan untuk mengatasi rasa gatal setelah pasca herpes mengering, rasa gatal ini menyiksa, kadang-kadang saya garuk-garuk sampai lecet gitu dok. Mohon saran’nya dok :)