Tanya Dokter

  • pengobatan hepatitis A pada anak usia 7 tahun

  •  fb-epierwina
    Anggota

    Slamat pagi dr. Anak saya permpuan usia 7thn sakit hepatitis a awal periksa september dgn sgot sgpt 150 lalu terapi terakhir oktober dengan sgot sgpt 75 sudah turun. Saya masih kwatir kok kuning dibadan dan matanya masih ada ya dok. Utk gejala mual maupun yg lain sudah tidak ada. Tolong dok solusinya kira kira berapa lama hilang kuning dibadannya dan apa yang harus saya lakukan ? dan obat apa yg harus saya kasih?Dan obat yg dari dok hepatin dan curvit.ada obat lain yg ampuh dok?

    fb-epierwina  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Epi, Hepatitis merupakan peradangan yang terjadi pada organ hati yang disebabkan oleh virus dimana ada beberapa macam virus hepatitis yaitu hepatitis A, hepatitis B, C, D dan hepatitis E. Pada hepatitis A sendiri, merupakan infeksi virus hepatitis yang penyebarananya banyak melalui makanan yang terkontaminasi oleh virus hepatitis tersebut ataupun juga karena kondisi lingkungan dan sanitasi yang kurang baik. Hepatitis A sifatnya adalah self limiting atau penyakit ini tidak memerlukan langkah penanganan khusus dan pemulihan bergantung pada sistem kekebalan tubuh untuk melenyapkan penyakit. Hepatitis A juga tidak menyebabkan penyakit hati jangka panjang. Waktu yang diperlukan untuk pulih sepenuhnya berbeda-beda pada setiap individu tetapi gejala dapat hilang dapat sembuh total dalam waktu beberapa minggu atau bulan. Pengobatan hepatitis A adalah meliputi:

    • Banyak beristirahat dan cukupi kebutuhan cairan
    • Atasi gejala yang timbul seperti misalnya mual dan muntah, demam dan juga berkurangnya nafsu makan sehingga diperlukan pemberian obat anti muntah dan juga penurun demam
    • Virus ini dapat menular sehingga lakukan upaya pencegahan dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum makan, mengolah makanan ataupun ke toilet
    • Hindari penggunaan alat makan yang bersamaan
    • Hindari makanan yang tidak melalui proses masak atau makanan mentah
    Jika belum pernah terkena juga dapat dilakukan vaksinasi hepatitis A untuk meminimalisasi kemungkinan tertular hepatitis A. Dimana vaksin dilakukan sebanyak 2 kali. Semoga bermanfaat, dr. Adhi P.