Tanya Dokter

  • dosis tepat untuk obat hepatitis B

  •  Gusty Bata
    Anggota

    salam kenal dok. saya pasien hepatitis kronis. sudah sejak tahun 2006 dinyatakan positif dan bulan kemarin hasil cek hbsag masih + 23,xx

    saat ini saya ingin coba mengkonsumsi obat 4lifetransferfactor. kira-kira apakah ada saran dosis yang tepat untuk itu? sebab setahu saya obat tersebut cukup mahal dan reaksix cukup besar pada saat dikonsumsi. terima kasih. salam :)

    Hai,   Hingga saat ini pengobatan hepatitis B kronis adalah dengan pemberian nukleotide antivirus dan peg interferon yang diberikan bersamaan dan dikonsumsi secara kontinu. Nucleotide antivirus (NA) adalah obat yang ditujukan untuk menekan jumlah virus hepatitis agar tidak merusak sel liver lebih parah. Sementara peg interferon juga memiliki fungsi yang sama, namun dengan penggunaan peg interferon diharapkan didapatkan kekebalan alamiah (antibodi) yang diproduksi oleh tubuh sendiri. Konsultasikan permasalahan hepatitis kronis Anda pada dokter penyakit dalam sub spesialisasi Gastro Entero Hepatologi (KGEH) untuk menentukan pengobatan terbaik pada Anda. Transfer factor hingga saat ini terbukti belum efektif dalam menangani kasus hepatitis B. Berdasarkan penelitian belum ada data yang signifikan bahwa transfer factor bisa mengobati hepatitis B. Baca artikel Fungsi Transfer factor. Beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi kerusakan liver/ hati yang bisa memperburuk kondisi Anda akibat hepatitis B adalah :

    1. Hindari rokok dan alkohol/ bir karena dapat membahayakan organ hati yang terinfeksi virus hepatitis B dan memperburuk kondisi hati.
    2. Konsumsi makanan bernutrisi. Contoh : buah dan sayuran, gandum, serta daging tanpa lemak sebagai sumber protein. Hindari makanan siap saji atau makanan kaleng.
    3. Minum banyak air putih dan jus buah. Hindari kopi dan teh.
    4. Hindari makanan mentah karena dapat mengandung bakteri yang bisa membahayakan hati Anda.
    5. Lakukan olahraga secara rutin dan sesuaikan dengan kemampuan tubuh.
    6. Beristirahat dengan cukup demi memperkuat sistem imunitas tubuh yang diperlukan untuk melawan virus.
    Baca topik Obat Hepatitis.   Semoga membantu.   dr. Yusi