Tanya Dokter

  • obat herbal untuk gatal alergi

  • Dok. Saya ada penyakit gatal-gatal nih. Menurtku ini alergi karena setelah makan ikan teri sehari setelahnya ada bintik-bintik merah gatal dan berair. Kalau pecah bintik-bintik bertambah. Terus kalo pas gatal makan ayam, telur, ikan laut, gatal-gatal tambah parah dan lebar. Itu bener gak sih dok alergi atau penyakit apa. Masalahnya saya sering seperti itu dok dan sekarang tempatnya sama bekas dulu yang pertama di kaki. Pernah ke dokter kok katanya alergi dingin. Mohon bantuannya ya dok ini alergi atau penyakit apa, obatnya apa, terus kalau yang alami caranya gimana. Terima kasih

    Hai putry Kemungkinan itu akibat dari alergi yang bergejala di kulit.  Alergi dapat bergejala pada kulit (gatal-gatal, bintik-bintik merah,bentol-bentol), selain di kulit alergi juga dapat bergejala di tempat lain seperti di paru (menjadi gejala asma), atau pencernaan (mencret, mual,nyeri perut,dll). Untuk mengetahui sebab pasti dari alergi apa diperlukan tes alergi. Tapi jika memang gatal dan bintik-bintik bertambah setelah makan makanan tinggi protein seperti ayam, telur dan ikan laut kemungkinan alergi akibat makanan. Pencegahannya antara lain berhenti dulu konsumsi makanan yang mencetuskan alergi tersebut, dan dapat diberikan obat anti alergi seperti Cetirizine atau Loratadine jika tidak ada kontraindikasi. Obat herbal jenisnya sangat banyak. Untuk memastikan suatu obat dapat bermanfaat atau tidak diperlukan serangkaian penelitian untuk membuktikannya. Untuk selanjutkan putry dapat berkonsultasi ke dokter jika memang tetap tidak ada perubahan atau gejala terus kambuh, karena mungkin saja akibat dari penyakit lain seperti jamur, infeksi,dll. Untuk memastikan suatu penyakit kulit diperlukan melihat langsung keadaan kulit tersebut. Berikut mengenai alergi makanan dapat di baca di Sini. Semoga membantu ya. Lekas sembuh. Terima kasih dr.Yan william

    Putry Qinasiih  Putry Qinasiih
    Anggota

    Trumakasih dok. Sanggat membantu

    Putry Qinasiih  Fiqi Jebrak
    Anggota

    Dok kok saya gatel gatel si dok padahal saya gk makan yang aneh aneh dok tiba tiba kulit saya jadi gatal dan bintik bintik merah tu knapa dok?