Tanya Dokter

  • Obat herpes yang aman untuk bumil

  •  Prasety007
    Anggota
    Siang dokter, saya mw tanya, skrg istri sy sdg hamil 4mgg dan terkena herpes di sekujur tangan kanan. Utk obat yg aman bagi ibu dan janin apa ya dok? Serta penanganan dan pencegahan supaya tdk berefek bagi kehamilan bgmn? Mohon bantuannya dokter & trmksh

    Hai,

    Herpes merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus herpes. Virus ini utamanya menular melalui kontak langsung pada kulit yang sakit. Setelah kontak, virus dapat merambat masuk ke dalam kulit, membelah diri dan menyerang sistem saraf setempat. Setelah beberapa hari aktif, sistem kekebalan tubuh akan mengadakan perlawanan balik dan virus dapat bersembunyi ke dalam badan saraf. Jika suatu saat terdapat pencetus (mis. stres, sinar matahari, demam), virus dapat merambat keluar dari persembunyiannya dan kembali mengakibatkan kelainan kulit.

    Kelainan kulit pada herpes yang umum dijumpai ialah timbulnya gerombolan bintik berair berwarna kemerahan pada satu area lokal yang terasa gatal / perih / panas. Gambaran kelainan kulit bintik berair selain oleh herpes, juga bisa diakibatkan oleh infeksi kuman dan radang kulit terkait alergi. Untuk menegakkan diagnosis herpes, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Spesialis Kulit (Sp. KK). Setelah diagnosisnya tegak, barulah pengobatan yang tepat bisa diberikan.

    Herpes merupakan salah satu penyakit yang dapat ditularkan ke janin. Meskipun jarang, metode penularan jika ada biasanya adalah saat menjelang persalinan (pada herpes genital / herpes yang terjadi dekat kemaluan). Metode penularan yang lebih jarang lagi ialah penularan virus secara langsung ke janin pada awal kehamilan -- hal ini dapat berakibat pada keguguran atau cacat bawaan berat.

    Salah satu obat herpes yang umum dipakai ialah acyclovir; obat ini secara umum aman dipakai selama kehamilan. Sejumlah penelitian memperlihatkan adanya manfaat pengobatan herpes saat kehamilan untuk mencegah terjadinya penularan ke janin. Konsultasikanlah kembali ke Dokter / Spesialis Kandungan (Sp. OG) Anda jika diagnosis herpes sudah ditegakkan, untuk melihat apakah ibu saat ini memerlukan pengobatan herpes.

    Baca juga artikel menarik tentang risiko herpes pada wanita hamil

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma