Tanya Dokter

  • Perbedaan pemberian obat hipertensi pada setiap dokter

  •  Big Zumo
    Anggota

    Selamat pagi dok,

    Perkenalkan saya pria 32 tahun, berat badan 89 Kg, dipastikan oleh dokter yang pertama memberitahu bahwa saya mengidap hipertensi (130/90) kemudian diberi resep Micardis Telmisartan 40 Mg diminum sehari satu kali.

    Satu minggu kemudian kontrol ke dokter lain dengan tensi 140/100 (karena obat yang sebelumnya tinggal 3), namun kemudian diberikan resep yang berbeda yakni Amlodipine 5 Mg.

    Mohon informasinya apakah obat berbeda akan memberi efek yang berbeda??

    Bagaimana dengan efek sampingnya??

    Atas perhatian dan jawabannya diucapkan terima kasih.

    Halo, Kedua obat tersebut memiliki cara kerja yang berbeda dalam mencapai tujuan untuk menurunkan tekanan darah. Penurunan tekanan darah yang dicapai bergantung pada dosis yang diberikan dan diketahui dari pemantauan secara berkala oleh dokter setelah minum obat. Amlodipine merupakan obat golongan calcium channer blocker yang bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Obat ini dapat dipakai pada pasien hipertensi sebagai pengobatan tunggal maupun kombinasi. Efek samping obat yang tersering adalah bengkak di pergelangan kaki dan pusing. Telmisartan merupakan obat golongan ARB yang bekerja dengan memblok reseptor angiotensin (menyebabkan pembuluh darah menyempit) sehingga pembuluh darah lebih lebar dan menurunkan tekanan darah. Efek samping yang tersering adalah pusing, diare, dan hiperkalemi. Tekanan darah yang normal sebaiknya di bawah 130/90. Obat hipertensi dberikan oleh dokter dengan mempertimbangkan beberapa aspek, misalnya:

    • nilai tekanan darah
    • usia
    • penyakit penyerta, misalnya diabetes, ginjal, stroke, gangguan irama jantung, jantung koroner, gagal jantung,dll
    • faktor risiko pasien terhadap jantung atau stroke
    • kepatuhan pasien minum obat
    • efisiensi obat, termasuk harga
    • pengalaman klinis dokter
    Cara dan kondisi saat pengukuran tensi juga berpengaruh terhadap nilai tekanan darah yang diukur,  misalnya obat yang baru saja diminum menjelang pengukuran/ bahkan belum diminum atau pun pemeriksaan tensi yang tidak didahului dengan istirahat 5 menit akan menyebabkan tensi lebih tinggi. Oleh karena itu, bisa saja obat hipertensi yang diberikan menyebabkan efek penurunan tensi yang besarnya sama atau berbeda dengan obat sebelumnya. Tentunya ada pertimbangan-pertimbangan lain dari dokter kedua, yang dirasa Anda lebih cocok menggunakan obat amlodipine dibanding telmisartan setelah memeriksa Anda langsung.  Sebaiknya Anda kontrol kembali ke dokter sesuai waktu yang dianjurkan. Artikel yang dapat dibaca: Amlodipine Pengobatan hipertensi Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar