Tanya Dokter

  • Plak keputihan pada mulut bayi

  • Ass dok, saya mau nanya saya mempunyai anak perempuan berusia kurang lbh 18 hari. Saya mau nanya dok, dibibir dan lidah anak saya ada terdapat keputihan seperti jamur. Apa penyebab dari keputihan tsb dok dan bagaimana cara mengatasinya? Trs saya sdh membeli obat merk obat tsb " nymiko nystatin suspensi " yg saya mau tanyakan lg dok apakah obat obat tsb aman untuk bayi baru berusia 18 hari.mohon penjelasanya dok. Sebelumnya saya ucapkan terimakasih dok. Wassalam

    Halo Idemar Fiter Doni, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Plak keputihan pada bibir dan lidah bayi baru biasanya disebabkan oleh infeksi jamur candida. Bayi biasanya terinfeksi jamur ini saat proses persalinan atau segera setelah persalinan. Jamur bisa berkembang dalam minggu-minggu awal setelah dilahirkan, namun bisa juga beberapa bulan setelahnya. Tidak diketahui dengan pasti mengapa infeksi jamur ini bisa menyebabkan masalah pada beberapa bayi dan tidak menimbulkan gejala apa-apa pada bayi lainnya. Pada 50% populasi, jamur candida memang secara normal berada dalam rongga mulut mereka.

    Beberapa gejala yang dapat ditemukan pada infeksi jamur candida di mulut bayi:

    1. plak keputihan pada mulut dan lidah bayi yang sulit dibersihkan
    2. sulit untuk menyusu karena nyeri pada mulut
    3. kembung pada bayi

    Infeksi jamur pada mulut dapat juga menyebabkan infeksi jamur pada daerah pantat dan selangkangan menimbulkan ruam kemerahan pada daerah popok. Infeksi juga dapat mengenai payudara ibunya bila bayi menyusu secara langsung yang biasanya memberikan gejala nyeri pada payudara yang biasanya dirasakan beberapa saat setelah selesai menyusui. Nyeri bisa bertahan selama beberapa menit hingga beberapa jam. 

     

    Infeksi jamur pada mulut bayi bisa sembuh sendiri dalam waktu kurang lebih 2 minggu tanpa pengobatan apapun. Namun bila bayi anda mengalami gangguan menyusu karena nyeri, perut kembung, ruam popok menyertai infeksi jamur di mulutnya, ada baiknya anda membawa bayi anda berkonsultasi dengan dokter anak anda. Sebaiknya jangan memberikan pengobatan apapun pada bayi tanpa mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak anda. Sementara belum ke dokter, anda dapat membersihkan mulut bayi dengan kain basah yang lembut setiap anda memandikan bayi anda.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia