Tanya Dokter

  • Efek jangka panjang konsumsi obat

  •  smediana
    Anggota

    Alo Dokter

    Usia saya 47thn, saya sudah pasang 4 ring (2 di RCA dan 2 di LAD) pada November 2016 lalu. Sekarang saya mencoba untuk berpola hidup sehat dok, Jogging setiap hari, makanan dijaga, makan nasi merah (sebulan sekali masih nyobain burger sih dok hehe).

    Saya dikasih obat 3 macam dok, Brillinta 2x sehari pagi-malam, Ascardia 1x sehari pahi, dan Truvaz 1x sehari malam. Katanya obat2an itu akan saya komsumsi seumur hidup dok. Saya agak kuatir dengan ginjal saya dok jika mengkomsumsi obat2an setiap hari dan seumur hidup pula. Selain itu harga2 obat tersebut lumayan mahal dok untuk dikomsumsi 1 bulannya.

    Apakah saya boleh mengkomsumsi obat2an itu 2 hari sekali? apakah aman untuk jantung saya dok?

    Terima kasih Dok.

     

     

    smediana  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo smediana,

     

    Pada beberapa penyakit seperti pada penyakit dislipidemia, hipertensi atau kencing manis (diabetes melitus) dan pada gangguan jantung dengan riwayat pemasangan ring pada pembuluh darah jantung umumnya pengobatan dilakukan seumur hidup yang disebabkan untuk mengontrol kadar normal di dalam tubuh.

     

    Selain itu, fungsi untuk mengkonsumsi obat secara rutin adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi akibat penyakit tersebut. Selain itu, umumnya pada dosis yang dijaga, fungsi ginjal dapat bekerja dengan baik walaupun dengan mengkonsumsi obat setiap harinya hanya pada penggunaan obat jangka lama tentu fungsi ginjal lebih cepat mengalami penurunan.

     

    Sebaiknya anda melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter tempat anda melakukan pemeriksaan secara rutin sehingga dapat juga dilakukan pemeriksaan untuk pemberian obat-obatan dan juga dosis yang diperlukan untuk menjaga agar keadaan tetap normal. Sementara itu, sebaiknya untuk saat ini anda tetap mengikuti anjuran pengobatan dari dokter sampai nanti anda melakukan pemeriksaan kontrol. 

     

    Selain itu, anda tetap dianjurkan untuk berolahraga dengan teratur terutama olahraga aerobik seperti jogging, berenang, bersepeda. Anda juga sebaiknya menjaga pola makan dengan menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti gorengan atau makanan siap saji. Menghindari stress yang berlebihan dan juga beristirahat dengan cukup. Anda juga sebaiknya menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

     


    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi