Tanya Dokter

  • obat kaku persendian akibat stroke

  • Dok ! saya kena Stroke(mati badan sebelah) 3 tahun yang lalu yaitu bagian sebelah kanan.3 hari setelah itu saya sudah bisa bergerak lalu 3 hari kemudian(6 hari setelah Stroke) timbul rasa kesemutan seluruh badan bagian sebelah kanan dan 4 hari setelahnya(10 hari setelah kena Stroke) badan saya sebelah kanan terasa KAKU.Sampai sekarang 3 tahun berlalu rasa Kakunya masi ada dan kesemutan masi sedikit juga telapak Kaki sebelah Kanan terasa sakit kalau menginjak sesuatu.Yang saya tanyakan;Apa ada OBAT untuk menyembuhkannya?.Atas jawaban Dokter saya ucapkan banyak terimakasih.

    Halo Bang Yos, Gejala nyeri dan kesemutan di telapak kaki kanan disebut dengan parestesia, yang dapat timbul akibat riwayat stroke serta dapat memberat jika Anda memiliki penyakit diabetes yang tidak terkontrol, kadar tiroid yang rendah, penyakit pembuluh darah di kaki. Penyakit stroke merupakan penyakit gangguan pembuluh darah di otak. Stroke ada 2 macam yaitu stroke yang terjadi akibat penyumbatan pembuluh darah serta stroke akibat pecahnya pembuluh darah otak (hemoragik). Stroke hemoragik pada umumnya meninggalkan kerusakan yang lebih berat dibanding stroke iskemik. Gejala-gejala yang timbul pada stroke umumnya bergantung pada daerah otak mana yang terkena. Area-area di otak akan mengurus fungsi-fungsi di tubuh, misalnya kekuatan otot (motorik), sensoris (termasuk parastesia), memori, bicara, dsb. Pada salah satu penelitian mengenai stroke, terjadinya perbaikan gejala-gejala stroke paling besar pada beberapa minggu pertama setelah stroke sampai 3 bulan setelah stroke, walaupun dapat juga melebihi kisaran 3 bulan. Beberapa obat yang digunakan untuk gejala stroke diantaranya:

    • pengobatan faktor risiko, misalnya obat hipertensi, obat diabetes, obat kolesterol
    • pengencer darah, bergantung pada jenis stroke
    • suplemen untuk saraf, misalnya piracetam, citicoline
    Selain obat, penyakit stroke membutuhkan terapi rehabilitasi medik di bawah pengawasan dokter rehabilitasi medik. Sebaiknya Anda kontrol secara teratur ke dokter saraf dan menceritakan gejala-gejala yang terjadi. Penyakit stroke merupakan penyakit degeneratif yang memerlukan pemantauan dan pengobatan secara ketat agar tidak terjadi kekambuhan. Anda juga dapat menanyakan kepada dokter saraf tersebut mengenai terapi rehabilitasi Anda. Jagalah supaya tekanan darah, gula darah, kolesterol Anda tetap dalam kisaran normal dengan kontrol secara teratur, minum obat dengan disiplin dan menjalani hidup sehat. Artikel ini membahas lebih lengkap: Stroke Semoga bermanfaat, dr.Miranti Iskandar