Tanya Dokter

  • Solusi atasi kerontokan rambut berlebihan

  •  Arisman zega
    Anggota

    saya baru berumur 17 tahun.tapi akhir akhir ini saya mengalami kerontokan rambut yang berlebih.saya merasa kwatir,karena merupakan yang pertama buat saya.obatnya apaan ya,serta yang perlu dihindari apaan.

    Halo Arisman.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, pada dasarnya kerontokan rambut yang dianggap tidak normal jika rontoknya rambut lebih dari 100 helai perharinya, dan kemungkinan terdapat alasan medis yang menjadi penyebab kerontokan ini.

    Berikut ini beberapa pemicu yang dapat menyebabkan kerontokan rambut berlebihan, diantaranya adalah : terkait hormonal, asupan gizi yang buruk, rambut yang teralu sering menjalani proses kimia di salon, menderita diabetes, hipertiroidisme, efek samping obat obatan tertentu yang rutin dikonsumsi dan memicu hari ini, jangan psikologi seperti stress, penyakit autoimun tertentu, dan lain sebagainya.

    Jika memang rambut Anda rontok nya sudah lebih dari 100 helai perhari, maka solusi yang terbaik adalah dengan menemui dokter spesialis penyakit kulit terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Umumnya kerontokan rambut dapat ditangani dengan dua jenis obat, yaitu finasterid dan minoxidil untuk pria, sedangkan untuk wanita ditangani dengan minoxidil. Tujuan penanganan biasanya untuk alasan estetika. Keefektifan dan penanganan hanya berlangsung selama penderita menggunakan obat.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KERONTOKAN RAMBUT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati