Tanya Dokter

  • obat konstipasi untuk anak

  •  Eka Gina
    Anggota

    Anak saya 6m udah 3hr ga bab.. tp dia sring mengejan... dan saya liat kotorannya keras tidak mau keluar dr anus(maaf) smpe ada drh dikit d anus..mnta solusinya dok.. trimakasih..

    Hai, Konstipasi pada bayi dapat ditandai dengan pergerakan usus yang jarang atau tinja yang kering, keras. Penyebab yang mungkin diantaranya adalah:

    • perubahan pada makanan yang dikonsumsi, misalnya dari makanan cair ke makanan padat
    • formula. Bayi dengan ASI ekslusif jarang mengalami konstipasi, karena terdapat kandungan yang seimbang antara lemak dan protein
    • dehidrasi
    • kondisi medis, walaupun jarang seperti adanya alergi makanan tertentu, hipotiroid, penyakit Hirschprung (kelainan sejak lahir sehingga usus tidak dapat berfungsi dengan baik)
    Jika sudah mengkonsumsi makanan padat, diperlukan penyesuaian jenis makanan yang diberikan, seperti kandungan serat maupun susu formula yang digunakan. Jika bayi tetap sembelit, disarankan agar anak Anda periksa ke dokter, terlebih jika bayi malas/tidak makan, berat badan menurun, atau terdapat darah pada tinja. Pemeriksaan fisik dan tes medis lain yang diperlukan dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sebaiknya tidak memberikan obat yang bersifat laksatif tanpa saran dari dokter. Dokter dapat menyarankan penggunaan gliserin supositoria jika terdapat konstipasi yang parah. Supositoria hanya diberikan saat perlu, tidak diberikan secara rutin.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto