Tanya Dokter

  • Nyeri perut bagian bawah kanan disertai mual dan keringat dingin

  •  priyanto
    Anggota
    Dok. Saya sudah 2 hari gejala sakit perut bagian kanan bawah nyeri sekali sudah cek di klinik kata dokter kram usus akibat saya paginya tidak sarapan dan cuma makan pisang. Tetapi setelah 2 hari minum obat kambuh terus dok. Setiap kambuh disertai mual mual kringat dingin dan diare. Ini gejala apa dok ?

    Hallo Priyanto

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Kram usus yang maksud tersebut mungkin adalah kontraksi usus yang berlebihan, dimana kondisi ini dapat menyebabkan terjadinya nyeri perut atau diare seperti yang anda alami. Kontraksi usus berlebihan ini dapat terjadi karena adanya infeksi pada saluran percernaan anda. Selain itu bisa juga disebabkan karena kondisi saluran pencernaan yang kosong (terlambat makan atau tidak makan) sehingga aktivitas usus meningkat. Selain itu masih ada kemungkinan bahwa nyeri perut yang anda alami disebabkan karena kondisi yang disebut irritable bowel syndrome (IBS). Irritable bowel syndrome (IBS) ini adalah kondisi terjadinya gangguan fungsional pada saluran pencernaan (saluran gastrointestional) dimana ditandai oleh nyeri perut dan perubahan pada pola buang air besar. Disebut kondisi fungsional, karena pada pemeriksaan dan evaluasi tidak ditemukan penyebab spesifik atau gangguan organ spesifik yang mungkin menyebabkan kondisi ini. Nyeri perut pada IBS biasanya dirasakan pada satu tempat, cenderung pada perut kiri bawah yang dapat dipicu karena makan dan nyeri dapat berkurang setelah buang air besar. Untuk gangguan pola buang air besar yang terjadi, dapat berupa konstipasi (kesulitan buang air besar) atau bisa terjadi diare dengan volume yang tidak terlalu banyak (biasanya setelah bangun tidur atau setelah sarapan) atau bisa terjadi keinginan buang air besar yang tidak bisa ditahan, namun terkadang sulit untuk buang air besar. Selain itu bisa muncul gejala penyerta seperti perut kembung atau mual-muntah. Untuk memastikan kondisi-kondisi ini tentu perlu pemeriksaan langsung oleh dokter. Diganosa gangguan IBS sendiri ditegakkan bila seseorang mengalami gangguan nyeri perut berulang minimal satu kali seminggu selama 3 bulan terakhir. Penyebab pasti dari IBS ini belum diketahui, tapi biasanya disebabkan karena faktor dari stres psikologis,makanan,hormonal, infeksi, dan penyebab lainnya. Untuk menghindari terjadinya gangguan IBS ini anda dapat menghindari konsumsi makanan yang mungkin bisa merangsang anda untuk lebih sering buang air besar, seperti makanan bersantan, makanan berbumbu, makanan pedas atau buah-buahan. Selain itu, karena sindrom IBS ini bisa disebabkan karena stress, sebaiknya anda melakukan managemen stress dengan baik serta menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan anda stress. Jika anda mengalami kesulitan buang air besar anda dapat mencoba mengkonsusmi laksatif atau obat pencahar seperti dulcolax, sedangkan jika anda mengalami diare anda dapat mengkonsumsi obat antidiare seperti loperamide. Untuk membantu mengurangi nyeri perut anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri seperti paracetamol atau ibuprofen.

    Untuk menentukan kondisi yang terjadi pada anda, sebaiknya anda melakukan kontrol ulang pada dokter yang merawat anda sebelumnya, dikarenakan pengobatan yang anda lakukan tidak memberikan perbaikan terhadap kondisi anda. Jika diharuskan sesuai indikasi yang ditentukan oleh dokter, maka mungkin anda harus menjalani pemeriksaan penunjang seperti rontgen perut atau USG daerah perut serta pemeriksaan lainnya untuk mengetahui penyebab kondisi anda.

    Semoga jawaban ini membantu.

    dr. Aldy Valentino