Tanya Dokter

  • Obat kulit gatal dan mengelupas

  •  Tina Fahry
    Anggota

    Mlm dok, perknalkan sy adhy umur 30 saya dah lama menderita penykit kulit di leher tanda2nya ngeplek, kadang gatal, trus klo lgi jadi kulit gatal dan mengelupas, saya dah pake bermacem2 obar kulit dari kalpanax, ketokonazole, miconazole. Tpi ga pernah sembuh total. Mohon kiranya dokter memberi masukan buat saya hrs pke obt apa?. Trimakasih atas waktunya.

    Halo, Untuk mendapatkan obat yang sesuai, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Kulit yang gatal disertai mengelupas dapat ditimbulkan keadaan-keadaan berikut ini:

    • kulit kering (xerosis)
    • eksim (dermatitis)
    • infeksi jamur
    • infeksi bakteri
    • penyakit yang mendasarinya, misalnya gangguan ginjal, anemia, sirosis, diabetes
    Jika kulit yang gatal hanya terjadi di sekitar leher saja mengarah juga kepada eksim kontak, yang umumnya terjadi akibat leher terpapar sesuatu terus-menerus, misalnya menggunakan kalung, syal di leher, atau benda- benda yang lain yang dapat memicu terjadinya eksim pada kulit yang sensitif. Pengobatan setiap keadaan tersebut berbeda-beda, disesuaikan bergantung penyebabnya, misalnya diberi krim antijamur, krim kortikosteroid, antibiotik, antihistamin, dll. Ada baiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter kulit mengenai keluhan tersebut. Dokter akan melakukan pemeriksaan, menentukan penyebabnya dan memberikan pengobatan. Sebisa mungkin hindari menggaruk daerah yang gatal dan untuk sementara hentikan penggunaan kalung, syal ataupun yang lain di daerah leher (jika ada). Untuk mengurangi gatal, Anda dapat mengompres bagian yang gatal dengan kain lembut yang dibasahi dengan air dingin. Artikel yang dapat dibaca: Kulit gatal Semoga membantu, dr.Miranti Iskandar