Tanya Dokter

  • bengkak di gusi bagian bawah

  • Hallo dok, aku mau tanya gusi bawah paling belakang bengkak pas aku cek numbuh gigi baru nah disitu mulai merasakan sakit, setelah itu saya berkumur dengan obat kumur betadine kenapa air liur saya sering keluar yaa dok mohon pencerahanya makasih dok 😊

    Hai, Produksi air liur sebagian besar dipengaruhi oleh apa yang terdapat di dalam mulut. Fungsi air liur ialah menetralisir zat dalam mulut (mis. terlalu asam, asin, pahit, pedas), memperantarai indera pengecap dan membantu proses menelan. Saat terdapat rangsang pada lidah, mis. oleh obat-obatan kumur, produksi air liur bisa meningkat akibat usaha tubuh untuk menetralisir zat dalam mulut. Produksi air liur diharapkan akan berkurang seiring waktu setelah kadarnya di dalam mulut juga berkurang. Apabila produksi air liur masih banyak setelah obat kumur dihentikan, mungkin Anda mengalami kondisi hipersalivasi yang bisa disebabkan oleh:

    • Infeksi dalam rongga mulut (mungkin dari gusi yang bengkak)
    • Asupan karbohidrat berlebih
    • Penyakit asam lambung
    • Penyakit pankreas
    • Efek samping obat-obatan
    Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Anda juga sebaiknya berkonsultasi ke Dokter Gigi untuk masalah gusi yang bengkak tersebut. Tips berikut mungkin membantu:
    • Hindari mengonsumsi makanan yang merangsang seperti makanan pedas, asam, terlalu asin/manis, bersuhu terlalu panas/dingin
    • Banyak makan buah dan sayuran
    • Minum sekurangnya 2 liter air per hari
    Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma