Tanya Dokter

  • Penyebab kutil kelamin walaupun tidak pernah hubungan intim

  •  Niuu Bloozers
    Anggota

    Dok saya ingin bertanya apakah kutil kelamin dapat muncul sementara kita tidak melakukan hubungan sexual dengan siapapun ? 

    dan apakah kutil kelamin dapat di cek disebabkan oleh hubungan sexual atau tidak ? atau memang kutil kelamin tidak dapat di cek disebabkan oleh apa ? 

    dan kemanakah untuk pengobatan masalah kutil kelamin, apakah puskesmas bisa untuk kita berkonsul ? 

    saya juga minta bantuan mengenai obat obat yang ada di apotik apotik yang bisa dilakukan terdahulu sebelum berkonsul dengan dokter, makasih dok 

    Halo,

    Kutil kelamin atau dalam bahasa medis disebut dengan kondiloma, merupakan suatu pertumbuhan jaringan abnormal yang disebabkan oleh karena infeksi virus Human Papilloma Virus (HPV).

    Virus ini menyebar melalui kontak langsung, baik melalui hubungan seksual, sentuhan langsung, atau tidak langsung melalui barang-barang tertentu seperti pakaian, atau alat-alat tertentu. Akan tetapi penyebab paling utama adalah melalui hubungan seksual.

    Untuk penyebabnya tidak dapat ditentukan karena apa. Dokter hanya dapat mengumpulkan informasi dari pasien, dan memperkirakan kemungkinan penyebab dari kondiloma tersebut.

    Di Puskesmas, dokter bisa melakukan pemeriksaan dan menentukan apakah seseorang mengalami kondiloma, akan tetapi untuk penatalaksanan selanjutnya, dokter akan merujuk pasien ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

    secara umum penanganan untuk kondiloma adalah tindakan bedah untuk membuang pertumbuhan jaringan, yang dilakukan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

    Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu.

    dr.Agatha