Tanya Dokter

  • Pengobatan kutu air

  •  pambud1309
    Anggota
    Cara menyebuhkan kutu air di kaki

    Halo pambud1309.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kutu air merupakan suatu kondisi dimana timbulnya selaput putih pada sela - sela jari kaki yang biasanya disebabkan oleh karena jamur.

    Kaki yang lembap sekaligus hangat dapat dikatakan sebagai lokasi yang paling favorit bagi jamur untuk tubuh. Oleh karena itu, pada musim hujan, risiko terkena kutu air lebih meningkat.

    Seseorang yang menderita kutu air dapat merasakan gejala - gejala diantaranya adalah gatal dan nyeri pada sela - sela jari kaki, dan juga disertai dengan kulit yang menjadi pecah - pecah dan juga terkelupas.

    Cobalah atasi kutu air dengan cara mengoleskan obat antijamur yang dapat dibeli dengan bebas di apotik, dan pakailah sesuai dengan aturan yang sudah tertera di kemasan. Akan tetapi apabila setelah anda mengobatinya dengan obat tersebut kutu air masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka segeralah menemui dokter agar dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Cegah munculnya kembali kutu air dengan cara : cuci kaki yang terinfeksi kutu air hingga bersih kemudian keringkan dengan lembut, ganti kaus kaki Anda setiap harinya dan jangan gunakan kaos kaki yang sama dalam beberapa hari, bantu kaki Anda bernafas dengan menggunakan sepatu yang terbuat dari bahan alami seperti kulit, gunakan bedak pada bagian kaki guna menghindari keringat yang berlebihan yang dapat menimbulkan kelembapan pada sela - sela kaki.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati