Tanya Dokter

  • Mengatasi bekas luka akibat gigitan kutu

  •  Ninith
    Anggota
    Adek saya belakang daun telinganya luka karena gigitan kutu, obat apa yg bagus untuk lukas tersebut?

    Halo Ninith......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Pada dasarnya luka yang sederhana dapat diobati dengan obat luka yang dijual bebas di apotik. Akan tetapi sebenarnya hal yang perlu kita fokuskan di sini adalah masalah kutu rambut yang dialami oleh adik Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, kutu rambut merupakan parasit kecil yang ada di kepala dan dapat mengisap darah. Memiliki ukuran yang cukup kecil atau hanya sebesar biji Wijen, dan memiliki enam kaki. Sedangkan telur kutu rambut biasanya akan sulit untuk dilihat dan menempel di bagian rambut yang paling dekat dengan kulit kepala.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara penggunaan sisir serit. Gunakan sisir serit yang memiliki jarak antar gigi yang sempit sehingga dapat membantu menghilangkan telur kutu. Menghilangkan kutu dengan menggunakan sisir serit dapat dilakukan selama empat hari sekali hingga kutu benar - benar hilang.

    Akan tetapi jika dengan cara di atas kutu masih saja ada, maka kami menyarankan untuk segera membawa adik Anda menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar adik Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KUTU RAMBUT

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati