Tanya Dokter

  • Obat untuk luka bakar

  • dok, saya luka bakar kena air panas, jadi tadi itu saya siram dengan air sekitar 10 menit lalu saya ke klinik dan dioleskan bioplacenton dan diberi obat makan sekitar 5 macam. sampai di rumah luka saya itu menggelembung, awalnya hanya satu, setelah itu titmbul yg kecil-kecil beberapa buah dan menggelembung, jadi bagaimana cara mengatasi luka yg bergelembung dan berisi air itu dok? dan juga kaki saya sebagian memerah kehitaman akibat disiram itu, bagaimana cara mengobati nya dok?

    Halo Arifa

    Terima kasih telah bertanya pada Alodokter

    Luka bakar merupakan kondisi yang dapat menyebabkan kondisi yang lebih serius. Luka bakar adalah kerusakan kulit yang disebabkan oleh panas yang menimbulkan gejala yang bervariasi yaitu kulit yang memerah, kulit melepuh, luka melepuh, kulit hangus. Penyembuhan luka bakar sangat tergantung pada keparahan luka bakar dan perawatan luka bakar. Keparahan luka bakar tergantung pada:

    • ketebalan lapisan kulit yang terbakar
    • ukuran dan lokasi luka bakar
    • penyebab luka bakar: misalnya air panas, listrik, paparan matahari, bahan kimia
    • usia dan faktor kesehatan penderita luka bakar

    Jika Anda menjumpai gelembung pada luka bakar, Sangat tidak disarankan untuk memecahkannya karena luka ini dapat berpotensi terinfeksi. Jika gelembung ini pecah dengan sendirinya, silakan Anda berkonsultasi dengan dokter agar dokter dapat melakukan pembersihan luka dan menutup luka ini dengan pembalut luka. Perawatan terhadap luka yang gelembungnya sudah pecah harus dilakukan dengan lebih seksama. Bila luka bakar tetap membengkak, kemerahan bertambah luas, muncul cairan seperti nanah dari luka, atau penderita mengalami demam,Anda juga harus segera berkonsultasi dengan dokter.

    Semoga bermanfaat

    Salam, dr. Satya Sueningrat