Tanya Dokter

  • Mengenai gatal-gatal seluruh badan, alergi atau jamur?

  •  Dian chrny
    Anggota
    Malam dok. Saya ingin bertanya saya mengidap sakit/gatal gatal pada seluruh badan dan bukan alergi tapi kalau saya lihat dari jenis luka yang saya dapat, dan keluhannya itu semua sama. Tapi disaat saya pergi ke puskesmas saya dibilang hanya alergi biasa dan akhirnya di beri salep hydrocortisone,2obat tablet dan 1 bedak salycyl. Dan menurut saya tak ada perubahan sama sekali. Waktu di puskesmas saya bilang "mungkin saya mengidap tinea cruris.." belum sempat saya bicara dia malah marah saya dan berkata "kau tidak bisa mengatakan sendiri penyakitmu saya dokter jadi ikut yang saya katakan" padahal saya lihat dari luka saya saya seperti tinea jadi apa yang harus saya lakukan ?

    Selamat malam Dian chrny,

    Sulit dipastikan gatalnya disebabkan oleh apa tanpa dilakukannya pemeriksaan langsung. Gatal dikulit memang banyak sekali penyebabnya, misalnya:

     

    1. gigitan serangga
    2. reaksi alergi
    3. psoriasis
    4. infeksi jamur
    5. infeksi bakteri
    6. infeksi tungau skabies
    7. dermatitis atopik atau eksema
    8. dermatitis kontak

     

    Karena banyaknya penyebab, maka sangatlah perlu untuk memeriksakannya ke dokter. Untuk meringankan gejalanya, dapat lakukan berapa saran dibawah ini:

    1. cobalah dengan mengetahui pola gatalnya, apakah gatalnya muncul sehabis makan sesuatu atau sehabis minum obat tertentu
    2. mandi dengan air dingin dan sabun bayi
    3. gunakan baju yang menyerap keringat agar tubuh tidak lembab
    4. cobalah dengan teratur memakai obat dari dokter terlebih dahulu

     

    Salam, dr. Natasha