Tanya Dokter

  • Perut kembung disertai mual saat terkena kipas angin

  •  Ega Nugraha
    Anggota
    Assalamu'alaikum dok, saya Ega 20th,saya mau tanya dok, kenapa ya saya jika terkena angin dari kipas angin sering tak tahan ingin muntah, batuk kering dan perut sering kembung.mualnya itu tak bisa ditahan dok, mohon

    Hai,

    Tidak semua orang tahan terhadap paparan angin atau udara dingin dan hal ini adalah normal; mereka yang biasanya tahan terhadap dingin kemudian mendadak menjadi sensitif biasanya menandakan tubuh yang mulai kurang fit dan biasanya akan berlanjut menjadi suatu penyakit (infeksi). Penyakit infeksi demikian umumnya akan disertai dengan gejala sakit kepala, mual, lemas, tak enak badan, nyeri otot/tulang/sendi dan demam -- tergantung organ apa yang terinfeksi, nantinya akan muncul gejala yang lebih spesifik, misalnya batuk pilek atau BAB cair.

    Jika paparan angin menyebabkan ketidaknyamanan, maka sebaiknya paparan tersebut dihindari dan mulai memerhatikan kesehatan tubuh sendiri, terutama dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dimaksud antara lain beristirahat cukup setiap hari, banyak makan buah dan sayuran, tidak merokok atau mengonsumsi minuman keras, rutin berolahraga dan menghindari stres serta kelelahan fisik.

    Mual dan kembung selain karena kurang fit / menjelang penyakit infeksi, bisa juga disebabkan oleh masalah di saluran cerna, seperti sakit maag, penyakit empedu, batu ginjal dan radang usus. Untuk memastikan penyebab keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD). Mungkin diperlukan pemeriksaan darah, air seni dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Setelah penyebabnya jelas, barulah penanganan yang tepat bisa diberikan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma