Tanya Dokter

  • Mengatasi mata merah pada bayi

  •  meta anggita
    Anggota

    malam dok,,, kmaren waktu saya keramasin anak saya tanpa sengaja matanya terkena busa shampo nya sehingga jd matanya bagian pinggir merah,,dan dia jd sering mengucek matanya,,, apakah yg harus saya lakukan dok?

    Selamat Pagi Meta,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Mata bayi yang merah, bayi menjadi sering mengucek mata tentunya dapat membuat orang tua khawatir. Sebenarnya penanganan mata merah pada bayi sangat bergantung pada penyebab yang mendasarinya. Berikut beberapa kemungkinan yang terjadi:

    • Iritasi. Misalnya disebabkan oleh sabun, shampo, asap, dan lainnya. Segera periksa kemasan shampo bagaimana cara penanganan jika shampo terkena mata, umumnya hal ini ditulis di kemasan tiap produk. Apabila terdapat bahan kimia berbahaya pada kandungan shampo yang digunakan, segera bawa bayi ke UGD rumah sakit
    • Konjungtivitis. Yaitu peradangan pada konjungtiva, hal ini bisa berawal dari mata bayi yang terkena shampo. Gejala konjungtivitis umumnya meliputi mata berair dan terasa gatal. Namun pada kasus konjungtivitis akibat alergi, biasanya disertai dengan bulu mata yang melengket. Untuk memastikan apakah terdapat kondisi ini, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter
    • Flu

    Jadi, sementara ini yang dapat Ibu lakukan adalah membawa bayi ke Dokter ya, agar dapat diketahui penyebab mata merah dan diberikan penanganan yang sesuai.

    Sekian semoga bayinya lekas membaik,

    dr. Annes