Tanya Dokter

  • obat untuk menghilangkan flek hitam di kulit

  •  tommykun
    Anggota

    Dok saya mau tanya. Cara ngilangin flek hitam di kulit akibat gatal gimana ya dok? soalnya susah ilang nih kalo boleh tau cara alami / Obat nya dok?

    Halo, Pada kulit yang terasa gatal seringkali seseorang tanpa sadar menggaruknya. Akibat proses menggaruk tersebut, maka kulit mengalami iritasi. Iritasi ini memicu peradangan pada lapisan kulit sehingga saat kulit mengalami proses penyembuhan, kulit mengalami hiperpigmentasi atau bercak hitam atau kecoklatan. Sangat disarankan untuk tidak menggaruk kulit yang gatal dan lebih baik dicari tahu penyebab rasa gatal yang Alami sehingga rasa gatal tidak berulang. Bercak hiperpigmentasi pada umumnya akan hilang dengan sendirinya. Jangka waktu untuk pulih total tergantung seberapa dalam kerusakan pada lapisan kulit. Tentunya semakin dalam, maka waktu yang dibutuhkan akan semakin lama. Krim pemutih yang mengandung hidrokuinon dianggap cukup efektif untuk memudarkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi. Temui dokter kulit Anda untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut mengenai penyebab rasa gatal yang Anda alami dan juga diskusikan dengan dokter Anda apakah krim pemutih yang aman bagi Anda. Jangan membeli krim pemutih tanpa konsultasi dengan dokter. Artikel tentang jangan asal memakai krim pemutih Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi gatal dan menghindari bekas kecoklatan :

    • Jangan menggaruk area yang gatal, cukup mengusapnya saja
    • Kompres dingin untuk mengurangi gatal
    • Mandi dengan sabun antiseptik
    • Baluri area yang gatal dengan lotion calamin
    • Minum obat anti histamin seperti CTM untuk mengurangi gatal
    Silahkan baca topik berikut yang sama dengan keluhan Anda Kulit gatal dan meninggalkan bekas Semoga membantu, dr. Tri

    tommykun  tommykun
    Anggota

    Saya Menderita alergi gatal dok. alergi timbul jika saya makan makanan tertentu, alerginya berbentuk benjolan kecil berwarna merah dan gatal. kalau boleh tau itu jenis alergi apa ya dok? dan makanan apa aja yang harus saya hindari.? Terima kasih dok