Tanya Dokter

  • obat nyeri lutut kaki kanan

  • Assalamualaikum dok, sy jeri usia 28 th. mau konsul ni dok benerkah jika nyeri lutut kaki kanan diberi obat allopurinol, ibuprofen 400, cetrizine, ambroxol, Sedangkan asam urat sy 6,2 mg dok ? Mhon penjelasannya dok, terimakasih.

    Hai, Tanyakan dengan jelas diagnosa Anda kepada dokter yang memberikan pengobatan. Agar bisa dilihat apakah pengobatan telah diberi sesuai dengan indikasi penyakit Anda. Nyeri lutut kanan bisa ditimbulkan akibat banyak faktor yaitu:

    1. Pseudogout (mirip dengan gout/asam urat)
    2. Trauma pada lutut
    3. Peradangan pada sendi lutut (Osteoartritis)
    4. Infeksi pada lutut dan jaringan sekitarnya
    5. dll.
    Setiap penyebab akan memiliki penanganan yang berbeda beda tergantung dari penyebab yang mendasarinya. Pemberian Allopurinol ditujukan untuk menurunkan kadar Asam urat dalam darah sehingga mencegah penimbunan asam urat pada sendi sendi. Kadar Asam urat yang normal pada wanita berkisar 4-6 mg% sementara pada pria 5-7 mg%. Asam urat dan menanganinya Asam urat Anda seharusnya masih berada pada kisaran normal dan belum memerlukan terapi. Namun Anda bisa menanyakan langsung pertimbangan dokter atas pemberian Allopurinol ini. Allopurinol Sementara Ibuprofen 400 merupakan Anti Inflamasi NonSteroid (AINS ) yang berfungsi mengurangi rasa nyeri dengan mengobati peradangan pada tubuh. Indikasi pemberian pada Anda adalah untuk mengurangi nyeri pada lutut. Cetirizin merupakan antihistamin yang berfungsi mengurangi rasa gatal akibat alergi. Ambroxol adalah obat pengencer lendir/dahak yang biasa diberikan pada pasien yang memiliki keluhan batuk produktif. Untuk kedua obat diatas Anda bisa menanyakan indikasi pemberian obat tersebut kepada dokter Anda. Apakah Anda mengalami gejala batuk yang disebabkan alergi? Pemberian obat akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dan temuan dari dokter yang memeriksa Anda, Kami tidak bisa memberikan pernyataan benar atau salah karena kami tidak melakukan pemeriksaan secara langsung kepada Anda. Ditambah pemberian obat tentunya akan disesuaikan dari penyebab dan keluhan yang membawa Anda pergi berobat ke dokter. Jika Anda merasa kurang puas dengan pelayanan dokter Anda maka Anda bisa mencari opini kedua dari dokter lain.   Semoga membantu.   Dr. Yusi