Tanya Dokter

  • Apa obat minum untuk bintitan?

  •  bennyles
    Anggota

    Selamat malam dokter, mohon informasi apakah boleh memakai obat ofloxacin 400 mg untuk Bintitan? Saat ini saya sudah makan obat Nonflamin. Terima kasih.

     

     

    bennyles  bennyles
    Anggota

    bennyles July 30, 2015 at 9:32 pm Selamat malam dokter, mohon informasi apakah boleh memakan obat Ofloxacin 400 mg untuk Bintitan? Saat ini saya sudah makan obat Nonflamin. Manakah yang lebih baik, Ofloxacin 400 mg atau Ceficime 100 mg untuk Bintitan tersebut? Terima kasih.    
     

    Hai Pada pengobatan bintitan (hordeolum) tidak selalu memerlukan pengobatan antibiotik oral (minum), penanganan pertama dari bintitan, antara lain:

    • Mengompres hangat pada daerah yang bengkak dengan handuk hangat sekitar 10 menit 3-4 kali sehari.
    • Antibiotik topikal berupa salep atau tetes pada mata yang mengandung gentamycin, kloramfenikol, polimiksin, dll pada mata yang terkena sesuai dengan anjuran dokter.
    • Obat pereda nyeri dan peradangan seperti ibuprofen.
    Antibiotik oral hanya diberikan pada kondisi bintitan yang sangat bengkak atau tidak adanya perbaikan dengan penanganan di atas selama 4-7 hari. Antibiotik minum harus sesuai dengan anjuran dokter untuk dosis, cara penggunaan yang tepat, karena tidak semua penyakit mempunyai dosis yang sama dalam penggunaan antibiotik, selain itu bila mengkonsumsinya dengan dosis dan cara yang tidak tepat, berpotensi terjadinya resisten (kebal) antibiotik terhadap kuman tersebut. Bila dengan pengobatan diatas selama 2-4 minggu bengkak belum berkurang maka dipertimbangkan untuk dilakukan insisi, yaitu mengeluarkan nanah dari bengkak tersebut. Informasi mengenai penyakit bintitan dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Bintitan (hordeolum). Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william