Tanya Dokter

  • mengatasi efek samping muntah akibat oralit

  •  Thiny
    Anggota

    selamat pagi dok, saya mau tanya cara mengatasi efek samping muntah pada obat oralit apa ya??? supaya untuk mengantisipasi agar tidak muntah.

    Halo,   Apakah anda muntah hanya jika minum oralit? Untuk mengurangi muntah yang disebabkan karena obat oralit maka Anda bisa menghentikan obat oralitnya dan menggantinya dengan obat lain seperti pedialit, larutan garam gula yang dibuat sendiri, pharolith, corsalit, air putih biasa, teh manis, air jahe,  dll. Namun jika Anda mengalami muntah dan bahkan tidak bisa meminum cairan seperti oralit maka Anda bisa meminum obat anti muntah sebelum Anda mengkonsumsi makanan/ minuman seperti obat domperidon, ondansentron dll. Muntah bisa disebabkan banyak faktor seperti :

    1. Kehamilan muda.
    2. Maag
    3. GERD
    4. Radang usus
    5. Keracunan makanan
    6. Kekenyangan makan.
    7. Infeksi virus
    8. dll.
    Untuk menangani muntah maka penyebab muntah Anda perlu diidentifikasi agar Anda bisa mendapatkan penanganan yang tepat. Untuk mengurangi muntah Anda bisa juga melakukan hal sederhana seperti:
    1. Relaksasi dengan cara duduk santai atau berbaring.
    2. Hindari bebauan yang menyengat.
    3. Coba konsumsi minuman yang manis, seperti teh manis hangat. Hindari makanan yang bersifat asam.
    4. Hindari makan makanan berat saat muntah dan mual, jika terasa lapar Anda bisa mengkonsumsi biskuit atau bubur semampunya.
    5. Makan porsi kecil dan sering.
    Semoga membantu.   dr. Yusi