Tanya Dokter

  • Sakit kepala sebelah kanan saat menstruasi

  •  Sri Yuni
    Anggota
    Selamat pagi, saya yuni umur 28thn. Dokter, saya mau nanya klu saya udh 3 hari datang bulan sering sakit kepala sebalah, apakah saya blh minum obat saya baru merasakan sakit lg datang bulan dan serta sakit kepala sebelah. Mohon penjelasan dokter

    Sri yang baik,

    menstruasi merupakan siklus reproduksi yang terjadi pada wanita usia subur setiap 21-35 hari sekali terhitung dari hari pertama haid terakhir dengan lama durasi berkisar antara 3-7 hari. Untuk dapat terjadinya menstruasi, maka dibutuhkan pengaruh dari hormon menstruasi. Sayangnya selain berperan untuk bisa terjadinya menstruasi, hormon ini juga mempengaruhi beberapa masalah fisik dan psikis seperti payudara yang sensitif, mood yang labil, dan lain sebagainya. Salah satu efek fisik yang ditimbulkan dari fluktuasi hormon ini ialah sakit kepala, salah satu yang cukup khas ialah sakit kepala sebelah yakni migraine. Migrain terjadi karena dinamika hormon mempengaruhi besaran pembuluh darah di sekitar kepala dan menyebabkan rasa sakit yang seringkali lebih berat di satu sisi. Sakit kepala ini juga seringkali disertai dengan munculnya kilapan cahaya atau yang disebut migrain dengan aura. 

    Untuk mengatasi migrain, Anda dapat mengonsumsi penahan nyeri yang dijual bebas seperti paracetamol atau ibuprofen tentunya dengan memperhatikan petunjuk pemakaian yang ada. Obat ini juga sekaligus dapat mengurangi nyeri yang timbul dari proses haid itu sendiri. Namun demikian jika kondisi tak kunjung membaik jangan ragu memeriksakan diri ke dokter. Berikut kami lampirkan artikel mengenai migrain. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief