Tanya Dokter

  • Perawatan pasca operasi leher rahim

  • Hai dok jika melakukan oprasi leher rahim itu obatnya apa ya dok yg harus di tebus dan efek sampingny apa ya dok setelah melakukan oprasi tersebut tetimakasih

    Terima kasih Indi Bintang Emanuela atas pertanyaannya.

    Sebenarnya, perlu diketahui terlebih dahulu hal yang mendasari operasi leher rahim Anda. Diagnosis dari dokter akan menentukan pengobatan selanjutnya. Namun, secara umum, pasien paska operasi membutuhkan antibiotik (untuk mencegah infeksi) dan juga anti nyeri. Pilihan antibiotik dan antinyeri ini sangat banyak tergantung kebutuhan pasien.

    Selain itu, obat lainnya akan disesuaikan dengan kebutuhan pasien, misalnya pasien dengan riwayat sakit maag akan diberikan obat sakit maag untuk mengantisipasi efek samping obat anti nyeri yang dapat memicu sakit maag. Penyakit pasien yang lainnya juga sangat penting seperti riwayat diabetes, hipertensi, dan lainnya.

    Efek samping operasi pada umumnya adalah nyeri paska operasi dan perdarahan. Memang setiap tindakan mempunyai risiko. Anda dapat berdiskusi dengan dokter yang akan merawat Anda mengenai hal ini. Setelah Anda mengetahui untung-ruginya dilakukan operasi, barulah Anda menentukan untuk dilakukan operasi tersebut atau tidak. Setelah Anda setuju, sebelum dilakukan operasi Anda juga akan dilakukan persiapan operasi khususnya oleh dokter bius (dokter speisalis anastesi).

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Peran dokter bius

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya