Tanya Dokter

  • Mengatasi nyeri paska patah tulang

  • Dok, saya aris umur 40 th. Bulan juni lalu saya operasi patah tulang. Tulang Paha bagian atas yg berbentuk bulat pecah dan diganti platina. Setelah operasi bagian platina pengganti tulang sampai sekarang rasanya kaku kalau dibuat gerak dan nyerinya bukan main. Saya konsul ke dokter bedah katanya operasi lagi menunggu 3 bulan kira kira bulan desember depan. Yang saya tanyakan : 1. Kenapa operasi tersebut menurut saya "gagal" apa penyebabnya 2. Obat apa yg harus saya konsumsi supaya nyerinya hilang dan tulang cepat tumbuh? Terima kasih.

    Salam, 

    Pada pasien dengan riwayat operasi caput femur perlu kiranya dilakukan evaluasi secara baik dengan dokter bedah yang merawat Anda. Dokter bedah yang merawat Anda lebih memahami kondisi klinis Anda, riwayat trauma Anda, dan hasil operasi dan mungkin penyulit yang ada. Dengan demikian, diskusikan dengan dokter Anda untuk mengetahui penyebab keluhan nyeri dan adanya rencana tindakan bedah lanjutan.

    Secara umum, keluhan nyeri ini dapat terjadi akibat gesekan logam dengan sendi yang mengikatnya. Adanya tekanan dan gesekan ini menyebabkan keluhan nyeri  yang mengganggu, terutama bila pasien mempunyai berat beban yang lebih, maka tumpuan berat akan menjadi penyulit bagi gerakan sendi setelah operasi.

    Selain itu, adanya kebiasaan rokok, alkohol, dan tidur malam, keungkinan juga dapat mempersulit proses pemulihan dan penyembuhan nya. Hal ini dikarenakan aliran darah yang tidak optimal pada area operasi tidak dapat membantu pemulihan setelah operasi.

    Dengan demikian, pemeriksaan dan evalusi lebih jauh perlu Anda lakukan bersama dokter yang merawat Anda, sehingga dokter dapat merencanakan langkah penanganan lanjutan untuk Anda.

    Begitupun dengan opbat-obatan, pengobatan hanya dapat diberikan oleh dokter setelah melakukan pemeriksaan dan mendapatkan hasil pemeriksaan terhadap psien. Sehingga Anda hanya mendapatkan pengobatan dari dokter Anda dan sesuai dengan kondisi Anda.

    Pengobatan tanpa pemeriksaan akan beresiko menyebabkan efek samping yang tidak kita harapkan dan tidak tepat sasaran.

    Demikian info yag bisa kami sampaikan, baca juga patah tulang pangkal paha.

    dr. Ulfi