Tanya Dokter

  • Mengenai pil penambah darah dan efek samping mual-mual

  •  salmahanifaa
    Anggota
    Hai dok saya salma saya kls 3 smp,jadi itu td di sekolah saya kedatangan org dari puskesmas gitu dan mereka ngasih pil obat penambah darah,di pil nya itu gaada keterangan dan cuma bacaan obat penambah darah dan katanya efek samping obat itu mual mual.saya ga percaya dok sama mereka takut itu bukan beneran obat dan mereka jg ga ada nunjukin surat dari puskesmasnya,bagaimana menurut dokter?

    Hai Salma. Mengenai masalah yang anda alami, tentunya anda dapat bertanya kepada pihak yang berwenang di sekolah anda mengenai kebenaran orang tersebut apakah berasal dari puskesmas atau bukan. Pikiran anda yang kritis memang tidak salah, namun jika itu termasuk dalam program sekolah, maka sekolah tentu bekerja sama dengan lembaga yang sah dalam hal ini puskesmas. Tablet penambah darah ini merupakan tablet yang berisi sulfas ferossus atau zat besi yang biasanya diberikan pada wanita untuk mencegah anemia defisiensi besi terutama saat haid. Efek sampingnya sendiri memang mual sehingga jika anda mengalami mual saat mengonsumsi pil ini, maka disarankan konsumsinya sesudah makan. Walaupun penyerapan terbaik adalah saat perut kosong semisal 1-2 jam sebelum makan. 

    Konsultasikan dengan dokter mengenai kondisi yang anda alami untuk penanganan dan informasi lebih lanjut. Komunikasikan juga dengan pihak sekolah mengenai kekhawatiran anda. Berikut gambar mengenai sulfas ferossus yang sering ada di puskesmas. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam, dr Alyssa