Tanya Dokter

  • Mengatasi konstipasi pasca persalinan

  • Selamat malam dok, dok saya kan sedang dalam proses mengeringkan jahitan episiotomi saya yg telah robek/luka. Karna 3bulan belum sembuh2 juga. Setiap BAB saya keras selalu sakit jahitan nya. Lalu saya mengkonsumsi obat pencahar 'laxing' agar feses saya lunak saya minum setiap malam sebelum tidur. Saya menyusui dok, apakah tidak bahaya jika saya konsumsi obat tersebut dalam jangka waktu yang lama. Karna jika saya tidak minum obat itu feses saya akan mengeras lagi dan luka Jaitan saya jadi gak sembuh2.

    Halo, Marwah. Kebanyakan ibu yang hamil dan baru melahirkan, mengalami susah buang air besar atau konstipasi. Konstipasi biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang kurang serat. Namun, pada ibu hamil dan baru melahirkan (nifas), konstipasi juga bisa disebabkan karena perubahan hormonal. Mengonsumsi pencahar t terlalu sering tidak disarankan karena dapat membahayakan kesehatan dan berisiko memicu diare, ketidakseimbangan kadar mineral dan garam dalam tubuh, serta gangguan usus berupa penumpukan kotoran tubuh. Hal ini dapat memicu terjadinya dehidrasi sehingga pada ibu menyusui sangat tidak dianjurkan. Selain itu obat pencahar jenis tertentu menyebabkan ketergantungan yang tidak baik dikonsumsi jangka panjang.  Obat pencahar untuk mengatasi kesulitan buang air besar (konstipasi) pada ibu menyusui, ternyata dapat meningkatkan aktivitas usus dan menyebabkan diare pada bayi. Hal ini disebabkan karena obat pencahar bisa mempengaruhi komposisi ASI sehingga menimbulkan efek yang tidak baik pada saluran pencernaan bayi Anda. Beberapa kandungan obat pencahar dapat mengontaminasi ASI dan menyebabkan diare pada bayi.

    Untuk mengatasi susah buang air besar tidak selalu harus minum obat pencahar. Anda bisa menangani konstipasi dengan cara yang alami, tanpa minum obat-obatan kimia, terutama saat Anda hamil dan menyusui. Perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan serat harian Anda. Saat kebutuhan serat tubuh Anda terpenuhi, konstipasi bisa diatasi dan dihindari. Mengenai luka episiotomi yang tidak kunjung sembuh, Anda dapat berkonsultasi kembali dengan dokter atau bidan Anda, agar dapat dilakukan evaluasi terhadap luka. Bila luka tersebut mengalami infeksi maka perlu penatalaksanaan lanjutan terhadap luka. Jadi sebaiknya hindari konsumsi obat pencahar saat menyusui. Penggunaan obat sebaiknya memang sesuai anjuran dari dokter.

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S