Tanya Dokter

  • Perawatan paska operasi fibroadenoma

  • Pagi dok saya mau bertanya,,kalo untuk orng yang sudah Operasi fam harus minum obat apa gmana dok? Saya di kasih salep warna pink lupa namanya tapi kata dokter nya bisa hilang mohon pencerahannya Mksh dok

    Hai Chindina,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    FAM (fibroadenoma mammae) merupakan salah satu jenis tumor jinak di payudara. Meskipun potensi keganasannya sangat kecil, benjolan FAM memang sebaiknya diangkat untuk mencegah kemungkinan pembesaran yang bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman. 

    Pasca operasi FAM, dokter umumnya akan meresepkan obat pereda nyeri (golongan OAINS = obat anti inflamasi non steroid) dan/ atau juga antibiotik jika dicurigai risiko infeksi yang cukup tinggi. Obat-obatan ini berguna untuk mengurangi rasa tidak nyaman, pembengkakan, dan nyeri yang kerap terasa pasca operasi. Apabila pasca operasi muncul bekas jaringan parut (scarring) yang cukup mengganggu, dokter bisa juga memberikan Anda krim untuk menyamarkannya. Sebaiknya, Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah yang mengoperasi Anda terkait penanganan terbaik pasca operasi ya..

    Di samping itu, untuk membantu mempercepat pemulihan pasca operasi, Anda pun disarankan melakukan berbagai tips berikut:

    • Perbanyak istirahat
    • Jika bekas operasi terasa nyeri, kompres dengan air hangat, jangan memencet atau memijatnya terlalu keras
    • Pilih bra yang nyaman (beberapa dokter menganjurkan penggunaan sport bra yang tidak terlalu ketat sehingga mencegah iritasi pada bekas luka operasi)
    • Perbanyak makan makanan yang tinggi protein, vitamin C, dan vitamin lainnya

    Jika tidak ada keluhan lainnya, Anda bisa mulai beraktifitas seperti biasa 2 hingga 3 hari pasca operasi.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah