Tanya Dokter

  • Efek jangka panjang pengobatan jantung koroner

  •  Heri Rakhmat
    Anggota

    Hallo Dok, hampir dua tahun saya mengkonsumsi obat bagi penderita jantung Coroner( antara lain : CPG, ramipril dan simvastatin). Yang saya ingin tanyakan apakah harus seumur hidup saya harus mengkonsumsinya?. Secara berkala 2 bln sampai 3 bulan saya selalu periksa Darah di Lab. Hasilnya untuk , Kolesterol,gula dan asam urat saya rata rata normal. Apakah tidak berbahaya untuk kolesterol normal mengkonsumsi simvastatin terus menerus? terimakasih.

    catatn : saya sudah melaksanakan pasang ring 1 buah

     

     

    Hallo Bapak Heri

    Penyakit jantung koroner adalah suatu keadaan dimana pembuluh darah koroner mengalami penyempitan, sehingga aliran darah menjadi kurang atau tidak lancar. Perlu diketahui pembuluh darah koroner berfungsi sebagai pemasok darah ke otot-otot jantung. Sehingga apabila tidak lancar maka dapat menyebabkan kerusakan otot-otot jantung.

    Adapun penyebab dari penyempitan pembuluh darah koroner bermacam-macam, namun yang paling sering adalah karena akibat darah yang cenderung kental atau mudah mengendap akibat mengandung kadar lemak darah yang tinggi.

    Kemudian adanya riwayat darah tinggi, merokok, serta kencing manis juga dapat memicu terjadinya penyakit jantung koroner. 

    Obat-obatan kolesterol, gula, maupun asam urat termasuk golongan obat keras, sehingga penggunaanya harus berdasarkan pertimbangan dokter, meskipun hasil lab darah Bapak didapatkan kadar kolesterolnya sudah turun tidak menutup kemungkinan bahwa Bapak tetap disarankan melanjutkan pengobatan karena adanya pertimbangan medis dari hasil pemeriksaan kesehatan bapak secara holistik (menyeluruh)

    Maka itu dokter pada umumnya selalu menyarankan pasien agar kembali kontrol agar bisa dilakukan pemeriksaan kesehatan kembali, yang berguna untuk mengevaluasi pengobatan yang sudah diberikan dan menentukan apakah diteruskan, penyesuaian dosis, di ganti dengan obat lain, atau justru dihentikan.

    Obat kolesterol simvastatin cukup aman diberikan apabila dikonsumsi sesuai dengan anjuran dokter, namun segera periksakan diri Anda kembali ke dokter apabila mengalami kelemahan otot atau menjadi kaku, merasa kelelahan yang tidak tidak jelas penyebabnya, air seni menjadi kemerahan atau gelap, hingga timbul reaksi alergi seperti gatal, wajah membengkak, sesak nafas.

    Selain itu pemasangan ring jantung berguna untuk memperlebar penyempitan yang terjadi pada pembuluh darah, akan tetapi apabila faktor-faktor pemicu penyempitan pembuluh darah seperti yang sudah di sebutkan diatas tidak juga diatasi maka akan bisa menyebabkan penyempitan baru. Sehingga akhirnya kondisi penyakit jantung koroner ini berkembang semakin berat.

    Maka itu Bapak diharapkan tetap menjaga pola hidup sehat dengan mengurangi konsumsi makanan asin (kadar garam tinggi), mengurangi makanan berlemak dan di goreng, serta berhenti merokok. Selain itu olahraga ringan seperti senam dan jalan santai selama 30 menit sangat di rekomendasikan dilakukan 2x dalam seminggu. Hindari jenis olahraga yang ekstrim dan sangat melelahkan

    Semoga bermanfaat

    dr. Arnold