Tanya Dokter

  • Pemilihan Obat Penunda Haid

  • Halo Dok, saya ingin bertanya tentang obat penunda haid yang saya minum. Saya akan berangkat umroh tgl 12 Nov-23Nov, saya diberikan obat Primolut-N oleh dokter. Setelah minum obat itu perut saya jadi sakit, kembung dan jadi sering buang angin, keputihan, ada rasa nyeri di dada, ngantuk. Apakah ini efek dari obat tersebut? Apakah itu efek yang wajar dan tidak membahayakan? atau Apakah saya sebaiknya menghentikan minum obat ini? Kalau harus dihentikan apakah ada obat sejenis untuk penggantinya? Saya minum obat ini sejak tanggal 29Okt dan diminum selama 30 hari (2x1). Terima kasih sebelumnya.

    Indie New'nSecond Stuff  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Indie,

    Primolut berisi norethisterone. Norethisterone merupakan hormon progesteron buatan yang bisa digunakan untuk menunda menstruasi, misalnya saat berhaji atau umroh. Penggunaan norethisterone harus di bawah pengawasan dokter dan sesuai dengan dosis yang diberikan dokter ya.

    Norethisterone memiliki beberapa efek samping seperti bengkak, kembung, nyeri kepala, mual, sulit tidur, kelelahan, pusing, nyeri pada payudara dan dada, dan perubahan berat badan. Kemungkinan keluhan Anda disebabkan karena efek samping dari norethisterone. Namun bisa juga disebabkan karena gangguan pencernaan, hipoglikemia, hipotensi, anemia, infeksi pada vagina, kelelahan, stress, dan kondisi psikologis lainnya.

    Berhubung masih ada waktu sebelum Anda berangkat umroh, saya sarankan agar Anda berkonsultasi kembali dengan dokter yang meresepkan norethisterone pada Anda ya. Apabila keluhan Anda disebabkan karena efek samping norethisterone, maka dokter bisa memberikan obat penunjang untuk mengurangi efek samping yang Anda alami atau bisa juga memberikan obat lain untuk menunda haid ya.

    Berikut ini artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda:

    Norethisterone

    Terimakasih dan semoga membantu,

    dr. Devika Y