Tanya Dokter

  • Obat penyakit gatal-gatal di selangkangan yang ampuh

  • Dok, Saya sering merasakan gatal2 yang membuat saya risih di malam hari sebelum tidur, dan setelah saya cari di google penyakit gatal yang saya alami seperti penyakit eksim, Untuk penyembuhan yang baik menggunakan obat seperti apa ?

    Hai, Gatal di selangkangan merupakan keluhan yang seringkali ditemukan dan dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Penyebabnya dapat bermacam-macam, salah satunya adalah Eksim/dermatitis. Eksim adalah peradangan akibat reaksi alergi pada kulit, ditandai dengan kulit yang kering dan kemerahan, gatal, melepuh, menebal dan menjadi kasar. Pengobatan eksim meliputi pemberian emolien (pelembab), obat topikal/salep maupun obat oral/tablet yang mengandung kortikosteroid, antihistamin, dan antibiotika bila sudah terjadi infeksi. Namun demikian, gatal pada selangkangan dapat pula diakibatkan oleh penyebab yang lain. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah:

    Untuk menentukan pengobatan yang tepat bagi Anda, tentunya terlebih dahulu perlu diketahui penyebab yang mendasarinya. Oleh karena itu sebaiknya Anda memeriksakan diri ke Dokter untuk menelusuri penyebabnya. Diperlukan pemeriksaan fisik secara tatap muka oleh Dokter untuk menilai ruam kulit yang timbul (lokasi, bentuk, ukuran, konsistensi dll) dan jika diperlukan akan dilakukan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti tes kerokan kulit, tes darah, dan lainnya. Penanganan yang tepat akan dapat diberikan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya. Beberapa anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan kulit agar tidak lembab namun juga tidak terlalu kering
    • Mengenakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan lembut dan tidak terlalu ketat
    • Ganti pakaian dalam setiap kali sudah terasa lembab/basah
    • Hindari produk/bahan yang dapat mengiritasi kulit (sabun, parfum, bahan pakaian)
    • Hindari menggaruk area yang gatal untuk mencegah iritasi dan perlukaan kulit. Bila gatal terasa mengganggu redakan dengan mengusap atau menggosok dengan lembut
    • Kelola stres secara bijak
    Baca laman artikel dengan topik terkait: Demikian semoga bermanfaat. Salam, dr. Muliani Sukiman