Tanya Dokter

  • obat penyakit kuning

  • Dok..bayi saya lahir prematur..1sampe 3 nyusunya banyak.setelah 4 hari lahir ada tanda tanda kuning di putih matanya..nd wajah dari mata kebawah.trus lesu gk bergairah,nyusu juga sekarang berkurang.yang saya tanyakan apa yang harus saya lakukan Dok...?

    Hai Nurmasari Kemungkinan kuning tersebut akibat peningkatan kadar bilirubin darah yang sering terjadi terutama pada bayi dengan lahir prematur dimana belum matangnya fungsi liver. Ini merupakan hal yang normal terjadi pada bayi pada hari ke-2 sampai ke-7 dan akan berangsur berkurang pada hari ke-10-14, tidak lebih dari 14 hari. Yang perlu dilakukan adalah dengan terus memberinya ASI. Penyebab lain kuning pada bayi yang disebut dengan jaundice ini antara lain:

    • Ketidakcocokan golongan darah atau rhesus
    • Perdarahan dalam kepala saat proses persalinan
    • kekurangan enzim G6PD atau kelainan darah sehingga sel darah merah mudah pecah (hemolisis)
    • Infeksi berat
    Sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan, karena pada bayi prematur lebih rentan terjadi kerusakan otak bila kadar bilirubin yang terlalu tinggi. Dokter akan melakukan pemeriksaan kadar bilirubin melalui pemeriksaan darah bila melalui pemeriksaan fisik memang didapatkan adanya kulit bayi yang kuning. Penanganan umum dari kuning akibat peningkatan kadar bilirubin adalah dengan fototerapi, yaitu menaruh bayi dibawah lampu ultraviolet untuk menurunkan bilirubin, penanganan  lainnya disesuaikan dengan kadar bilirubin dan penyebabnya. Bayi kuning: Apakah kondisi ini berbahaya bagi si kecil? Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william