Tanya Dokter

  • Sakit perut kambuhan

  •  Deni Sopian
    Anggota

    mlm dok.trimakasih sebelumnya dok.mau tanya bertahun tahun saya sering sakit perut semacam pegel atau kaya mengganjel sebelah kanan.tp klo udh kambuh saya posisi tidurin lumayan mendingan kadang bs sembuh tp klo bangun apalagi duduk di lantai ga kuat pegel klo dusuknya lama.posisi ditidurin lg enakan.klo di teken ga tau sakitnya.di sebelah mana.kembung kaya banyak gas.buang angin lancar.apa yang saya.harus lakukan dok.periksa apa klo ke dokter biasa sering di kasih obat mag.terus tapi layanya bukan mag.minta penjelasannya dok trimakasih.klo bisa bls ke no 081322989231.

    Dear Deni, Sakit perut merupakan keluhan yang umum dirasakan. Nyeri perut di area tertentu perut biasanya diakibatkan gangguan organ yang terdapat di area tersebut. Atau bisa juga disebabkan oleh gangguan pada organ di area lain dalam perut atau bahkan dari daerah dada. Sakit perut sebelah kanan bisa disebabkan oleh:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter dimana dokter akan menelusuri riwayat keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan perut. Pemeriksaan penunjang seperti tes darah, tes urine, dan USG mungkin akan dianjurkan oleh dokter untuk membantu menegakkan diagnosis. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • makan makanan yang bergizi
    • hindari makanan pedas dan berminyak
    • minum air putih dalam jumlah cukup sekitar 8 gelas perhari
    • istirahat dan tidur yang cukup
    • hindari stres dan kelola stres dengan bijak
    • olahraga ringan secara teratur misalnya jalan kaki
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    Deni Sopian  Deni Sopian
    Anggota

    trimakasih dok.saya udh periksa usg ternyata lambungnya luka katanya.apa yang hargus saya lakukan.klo minum obat sembuh tapi lambuh lg.saya udh berusaha menjaga pola makanan dan ppla hidup.makasih

    Dear Deni, Luka di lambung dapat diobati dengan minum obat yang sudah diresepkan dokter sesuai anjuran. Setelah sembuh, tetap jaga pola makan dan pola hidup, maka kemungkinan Anda terkena penyakit yang sama lagi akan semakin jarang. Beberapa orang memang lebih rentan terkena luka di lambung, namun jangan putus asa, jika Anda mengonsumsi obat secara teratur sambil terus menjaga pola hidup, keluhan Anda akan semakin berkurang dan dapat sembuh. Salam, dr. Rony Wijaya