Tanya Dokter

  • sering sakit perut disertai mual-mual

  • malem dok, saya mw tanya saya tuh beberapa minggu terakhir itt sakit perut dan skarang saya sakit perut lagi, tpi sakit perut saya yang skarang saya rasain ini lebih parah dari yg kmarin2 yang skarang tuh di barengin sma perut kembung dan mual2 tpi gk muntah

    Hai,

    Lokasi perut yang mengalami nyeri dapat membantu untuk mengetahui penyebabnya. Sakit perut, kembung, dan mual, dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya:

    - gangguan lambung, misalnya gastritis, tukak lambung

    - penyakit usus buntu

    - radang usus besar

    - gangguan pada organ hati, kandung empedu, atau pankreas

    - infeksi saluran kemih

    Usahakan untuk tetap memiliki pola makan teratur. Kurangi konsumsi makanan berlemak, pedas, asam, atau yang menghasilkan banyak gas seperti kol, kacang-kacangan. Lebih baik makan dengan porsi kecil tetapi lebih sering. Sebaiknya tidak langsung berbaring setelah makan. Minum air mineral yang cukup dan tidak mengabaikan rasa saat ingin BAK atau BAB. Memiliki waktu istirahat yang cukup. Batasi kafein/ alkohol. Hindari stres. Tidak merokok. 

    Jika gejala tetap berlanjut, disarankan agar Anda periksa ke dokter. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang seperti tes darah, tes urin, atau USG. Dokter akan memberikan jenis pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab dasarnya.

     

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Jessica