Tanya Dokter

  • obat sakit tenggorokkan

  •  kandeg
    Anggota
    Gejala/keluhan -minum/makan sakit -batuk sakit -tenggorokkan kering. -tarik napas sesak dan sakit -bau mulut tdk hilang hilang -berbicara sakit -banyak riak di tenggorokan Tolong apa obat dan resepnya dok

    Halo kandeg......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini dengan keluhan utama berupa timbulnya rasa sakit pada tenggorokan, umumnya disebabkan oleh karena adanya suatu infeksi mikroorganisme tertentu seperti bakteri atau virus pada saluran Pernapasan bagian atas.

    Akan tetapi selain oleh karena infeksi, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : ketegangan otot akibat berteriak dalam waktu yang lama, tumor yang mengandung kanker pada tenggorokan/ lidah/ Laring, alergi, penyakit asam lambung / GERD, iritasi yang disebabkan oleh karena alkohol ataupun rokok, udara yang kering.

    Cobalah atasi keadaan ini terlebih dahulu dengan cara :

    • Kumur - kumur Sampai ke tenggorokan dengan menggunakan obat kumur yang mengandung povidone-iodine ( yang dapat dibeli dengan bebas di apotik, dan pakailah sesuai dengan aturan yang tertera di kemasan ).
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.
    • Tidak merokok dan menghindari asap rokok.
    • Jangan mengonsumsi makanan atau minuman yang terlalu panas.
    • Berkumur dengan air garam hangat.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, rasa sakit pada tenggorokan masih saja terjadi dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit THT ( telinga hidung tenggorokan ), dan mendiskusikan masalah ini, agar ANda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lanjut secara langsung.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, endoskopi THT, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati