Tanya Dokter

  • Pengobatan dan mencegah stroke ringan berulang

  • Selamat siang dokter..

    saya mau konsultasi masalah orang tua saya,

    saaat ini orang tua saya sedang mengalami stroke tingan..

    dan beliau ketika berkendara motor terjatuh karna salah satu tangannya tidak sanggup menahan beban ketika hendak belok..

    dok, tolong di bantu obat QnC Jelly Gamat yang saya search di Google adalah obat yang benar untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit itu menyerang kembali..tolong di bantu jawab dok..

    Terimakasih.. :)

    Halo Dian, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Stroke adalah gangguan aliran pembuluh darah ke otak yang terjadi secara tiba-tiba. Gangguan aliran darah ini bisa disebabkan oleh 2 hal yaitu pecah pembuluh darah (atau yang disebut stroke perdarahan) dan sumbatan pada pembuluh darah otak (atau yang disebut stroke iskemik).

    Stroke ringan adalah terjadinya gangguan aliran pembuluh darah yang bersifat sementara. Stroke ringan disebut juga dengan TIA (transient ischemic attack). Pada kondisi ini, kelemahan pada tubuh atau gangguan fungsi tubuh hanya terjadi selama beberapa menit hingga beberapa jam, lalu fungsinya kembali lagi seperti semula. Kondisi ini disebabkan karena sumbatan pada pembuluh darah yang terjadi sementara lalu sumbatan terbuka kembali. Orang yang mengalami TIA memiliki risiko tinggi mengalami stroke yang menetap.

    Bila orang tua anda mengalami gejala-gejala stroke, sebaiknya ayah anda segera dibawa ke rumah sakit untuk dilakukan evaluasi dan penatalaksanaan sesegera mungkin. Melakuan penatalaksanaan dengan cepat pada serangan stroke dapat menurunkan risiko terjadinya kerusakan otak yang lebih luas dan mencegah terjadinya kecacatan tubuh yang permanen.

    Setelah kondisi akut terlewati, maka dokter akan menyarankan dilakukannya pencegahan terjadinya stroke berulang. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah stroke berulang:

    1. Mengontrol tekanan darah bila terdapat tekanan darah tinggi
    2. Mengontrol gula darah bila terdapat penyakit diabetes
    3. Mengontrol kolesterol bila terdapat gangguan kolesterol darah
    4. Bila terdapat gangguan irama jantung seperti atrial fibrilasi, maka kondisi ini perlu mendapat penanganan lebih lanjut
    5. Berhenti merokok dan mengurangi konsumsi alkohol
    6. Meningkatkan aktivitas fisik seperti olahraga
    7. Menjaga berat badan ideal
    8. Makan makanan sehat dan bergizi, menghindari makanan berlemak dan bergula tinggi

     

    Menggunakan suplemen tertentu seperti yang anda sebutkan tersebut tidak terbukti dapat menyembuhkan kondisi stroke atau mencegah terjadinya stroke berulang. Sebaiknya selalu konsultasikan penggunaan obat-obatan dan suplemen tertentu kepada dokter yang merawat orang tua anda.

     

    Sekian dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. irna cecilia