Tanya Dokter

  • Penyebab belum terjadi perubahan suara pada laki-laki yang pubertas

  • Halo dok. Saya ingin bertanya. Mengapa suara saya gk besar padahal umur saya 18 tahun.. Kek mana ya dok supaya suara saya besar seperti laki" umumnya

    Halo immanuelsimbolon12.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, perubahan suara pada pria umumnya terjadi saat pubertas. Rata - rata suara mulai berubah nadanya menjadi lebih rendah dan dalam seperti pria dewasa pada usia 11 tahun sampai dengan 15 tahun, diawali dengan suara yang berubah dahulu menjadi " pecah " atau squaking kemudian dalam beberapa waktu suara akan seperti pria dewasa.

    Perlu anda ketahui, perubahan suara disebabkan karena pada saat pubertas lari menjadi lebih besar dan kita suara melempar juga menebal. Suara pria biasanya makan atau tidak berubah lagi pada saat usia 20 tahun, dan tetap stabil hingga umur 60 tahun kecuali terdapat kondisi medis tertentu.

    Semua makhluk hidup diciptakan berbeda dan unik termasuk manusia. Suara pria pun dapat berbeda - beda, tergantung dari tebal dan besar pita suara, besar laring, kadar hormon testosteron. Sehingga pada sebagian pria bisa saja suara tidak berubah secara signifikan. Jadi apabila sampai saat ini suara belum berubah, Anda tidak perlu terlalu khawatir, kecuali terdapat kondisi tertentu misalnya sakit tenggorokan, tidak bisa mengeluarkan suara, nyeri menelan, sesak nafas, sering mengorok, dan Batuk.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati