Tanya Dokter

  • Cara konsumsi obat TB dengan dosis tinggi

  •  Ananda Evan
    Anggota
    Dok saya kan beli obat TB di klinik K24 nah karena obat TB biasa saya kehabisan akhirnya saya beli di klinik k24 nah tetapi saya dapat obat 4 jenis , Ethambutol 500Mg , Pyrazinamide 500 mg , isoniazid 300 mg, rifampicin 300 mg , nah saya bingung cara minumnya dan dosisnya tinggi banget. bagaimana solusinya dok . pleas

    Halo Ananda, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Tuberkulosis adalah salah satu penyakit menular yang angka kejadiannya masih cukup tinggi. Tuberkulosis masih merupakan 10 jenis penyakit yang mematikan di dunia. Sehingga pengobatannya dibutuhkan ketekunan dan konsistensi dari pasien dengan pengobatan. Pengobatan yang sesuai jadwal dan konsisten akan mencegah terjadinya komplikasi dari penyakit tuberkulosis. Adapun beberapa komplikasi dari tuberkulosis adalah sebagai berikut: 

    1. Nyerit ulang punggung
    2. Meningitis atau infeksi dan peradangan pada selaput otak
    3. Kerusakan sendi
    4. Gangguan hati, ginjal, atau jantung

    Komplikasi-komplikasi ini akan membutuhkan pengobatan yang lebih lama dan membutuhkan tambahan pengobatan. Pengobatan TBC harus disesuikan dengan kondisi TB Anda sebelumnya dan sudah pengobatan bulan keberapa. Dan cara minum serta dosis yang Anda konsumsi seharusnya disesuaikan dengan resep dokter yang sudah Anda terima. Sebaiknya obat yang Anda terima dari apotik adalah obat dari resep dokter Anda. 

     

     

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi