Tanya Dokter

  • penyebab dan pengobatan glaukoma

  •  haniko
    Anggota
    Selamat siang dokter. Saya mau bertanya apakah ada obat untuk penglihatan yang menjadi kabur akibat banyak saraf mata putus karena tekanan bola mata tinggi? Terima kasih

    Hallo

    Terimakasih sudah bertanya pada alodokter

    Tekanan mata yang tinggi atau biasa kita sebut glaukoma adalah suatu kelainan dimana tekanan bola mata di bagian depan terlalu tinggi. Normalnya 10-21 mmHg. Di dalam bola mata, ada 2 ruang, yakni di bagian depan dan belakang dimana masing-masing berisi cairan. Penanganan bagi glaukoma sendiri bisa dengan pemberian obat tetes untuk menurunkan tekanan bola mata seperti timolol, serta pembedahan. Pembedahan ini bertujuan memperbaiki drainase dari aliran cairan mata di ruang mata depan sehingga drainase lancar kembali. 

    Untuk penanganan dari glaucoma Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter spesialis mata. Glaukoma sebaiknya diterapi secepat mungkin untuk mencegah kerusakan saraf berlanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan tekanan bola mata, funduskopi dan slit lamp untuk mengetahui bagaimana kondisi saraf mata Anda setelah menderita glaucoma. Anda juga harus teratur control untuk selalu memantau tekanan bole mata ini.

    Semoga bermanfaat

     

    Salam. Dr. Satya Sueningrat