Tanya Dokter

  • obat terbaik untuk penyakit asam urat

  •  Qnoey St Pane
    Anggota

    Ass.. Saya hilal umur 33 thn, berat 85 kg dan tggi 165 sudah hampir 5 tahun saya menderita asam urat, setelah berobat kedokter 1 mggu yg lalu blm ada perobahan yg berarti hasil lab menunjukkan asam urat saya 8,8 dan hasil lainnya ok, dulunya saudara menyarankan makan obat firofel dan medixon ketika serangan gout datang dan ternyata ampuh hanya 2 atau 3 kali konsumsi. Saya orang yg tidak begitu suka makan obat karena takut efek samping. Dokter tolong beri saran yg memuaskan apakah saya harus mengkonsumsi firofel dan medixon kembali ketika gout datang atau dokter bisa menyarankan obat yang lain kepada saya. Mohon solusinya karena saya sangat menderita dgn penyakit ini. Wassalam

    Hai,   Penanganan asam urat yang baik harus meliputi 3 hal yaitu :

    1. Perbaikan pola makan
    2. Olahraga
    3. Obat -obat yang membantu jika kedua faktor diatas gagal.
    Asam urat merupakan penyakit dimana terjadi penimbunan asam urat/ purin pada sendi karena kadarnya yang tinggi dalam darah. Jadi untuk menangani asam urat Anda sebaiknya melakukan :
    • Perbaikan pola makan =  Pada orang dengan kadar asam urat yang tinggi  sebaiknya menghindari beberapa jenis makanan yang mengandung purin tinggi seperti : Melinjo, Seafood, Ikan sarden, ikan mackerel, ikan tongkol, ekstrak daging (kuah baso-kuah soto-kuah mie), daging babi, bayam, kol, minuman bersoda, alkohol, tape, kacang-kacangan.
    Namun Anda bisa mengkonsumsi buah-buahan, air putih, sayuran hijau, wortel ,tomat,                      buah beet, beras merah, gandum, susu rendah lemak, yogurt, kentang, ubi, jagung dll.
    • Olahraga  = Disini olahraga berperan untuk menjaga berat badan / menguranginya jika Anda obesitas/ kegemukan. Karena kegemukan juga menjadi salah satu faktor pemicu naiknya asam urat.
    Pada keterangan yang Anda berikan bahwa tinggi Anda 165 cm dengan berat 85 kg, maka                  secara perhitungan IMT Anda mengalami Obesitas. Maka penurunan berat badan akan                        sangat membantu Anda untuk menurunkan asam urat Anda.
    • Dan yang ketiga adalah obat.
    Untuk pemberian obat asam urat Anda bisa minum obat penurun Asam urat seperti Allopurinol 100 mg dengan dosis 1 kali sehari secara rutin sampai mencapai kondisi asam urat yang normal. Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi kapan waktu yang tepat untuk mengganti, menambah atau mengurangi dosis obat yang Anda gunakan kepada dokter. Dokter akan memeriksa kondisi Anda untuk melakukan penyesuaian dosis pada kondisi Anda. Untuk penggunaan firofel dan medixon, sebaiknya Anda tidak perlu konsumsi lagi. Medixon merupakan obat steroid yang baik untuk mengurangi peradangan namun tidak memperbaiki kondisi asam urat Anda.     Semoga membantu,   dr. Yusi