Tanya Dokter

  • Dampak putus obat penyakit tiroid

  •  triananingsih
    Anggota

    Selamat malam dokter.......

    Sebulan yang lalu saya operasi tiroid, oleh dokter disarankan minum obat euthyrox 100 ug sehari 2 kali. Dan kata dokter saya minum obat tersebut seumur hidup.Apa pengarunya jika saya tidak minum obat tersebut? 

    Terimakasih

    Halo,

    Operasi tiroid merupakan operasi yang tidak umum, dan biasanya hanya dilakukan oleh dokter bedah tumor. Operasi tiroid biasanya dikerjakan pada kasus tumor tiroid, dalam pelaksanaannya organ tiroid dapat di angkat seluruhnya atau hanya sebagian saja. 

    Dari keterangan yang Anda berikan, Anda mendapatkan pengobatan berupa euthyrax setelah operasi. Bisa kemungkinan operasi yang Anda jalani adalah pengangkatan total kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon alami manusia yaitu tiroksin. Hormon ini berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh. Pada saat tiroid diangkat, secara otomatis kadar hormon tiroksin dalam tubuh akan berkurang yang dapat menyebabkan metabolime tubuh yang berkurang.

    Euthyrax memiliki kandungan hormon tiroksin, oleh sebab itu obat ini harus dikonsumsi seumur hidup setelah operasi pengangkatan total organ tiroid. Apabila Anda tidak mengkonsumsi obat ini secara rutin dapat mencul gejala:

    • metabolisme tubuh dan turun dan menimbulkan berbagai macam penyakit
    • tumor tiroid memiliki resiko untuk tumbuh kembali

    Keterangan lebih lanjut mengenai penatalaksaan tiroid, dapat Anda peroleh lebih lanjut dari dokter spesialis bedah tumor. Mohon untuk berkonsultasi kembali untuk mendapatkan keterangan lebih mendalam.

    Demikianlah informasi yang dapat kami berikan.

    Berikut kami lampirkan artikel: kanker tiroid-gejala, penyebab, dan mengobati

    Semoga bermanfaat,

    dr. Mira