Tanya Dokter

  • Solusi atasi alergi susu pada anak

  •  Angga Saputra
    Anggota
    Met pgi dok ,dok mau tanyak knapa za anak sya aku kasih susu formula kok selalu ngedan terus trus solusinya gmana dok soalya anak saya usianya bru 2 minggu

    Halo Angga......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang dialami oleh anak Anda kemungkinan mengarah kepada gangguan kesehatan sistem pencernaan yang dalam bahasa medis disebut sebagai konstipasi, atau orang awam sering menyebutnya sebagai sembelit.

    Konstipasi sendiri dapat disebabkan oleh karena susu formula, di mana hal ini terjadi karena komposisi nutrisi yang berbeda dengan ASI. Perbedaan komposisi ini kemudian menyebabkan susu formula lebih susah dicerna daripada air susu ibu. Hal inilah yang kemudian menyebabkan feses bayi menjadi keras dan apabila bayi buang air besar menjadi sering mengedan.

    Selain oleh karena pemberian susu formula, bayi terkena Konstipasi dapat juga disebabkan oleh : bayi baru dikenalkan dengan makanan padat, alergi susu sapi, penyakit celiac, kadar kalsium terlalu tinggi dalam darah, hipotiroid, kelainan Sumsum tulang belakang.

    Oleh karena kemungkinan hal ini disebabkan susu formula, maka hal terbaik yang harus dilakukan adalah dengan menghentikan susu formula dan memulai pemberian ASI. Kami juga sangat menyenangkan kepada Anda untuk mendiskusikan terlebih dahulu hal ini dengan dokter spesialis anak, jika memang anak Anda hanya dapat diberikan susu formula, maka dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut kepada anak Anda sehingga dokter dapat mengubah komposisi susu formula atau mempertimbangkan penggantian susu formula.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    KONSTIPASI PADA ANAK

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati