Tanya Dokter

  • Benjolan di daerah dubur

  • Hallo dok mau tanya dong, didaerah dubur saya ada benjolan diluar gitu kaya jerawat dan besarnya seperti biji kacang ijo, apakah itu ambeien? Dan obat yg cocok kira kira apa ya dok? Soalnya saya kalo buang air suka sakit dan bahkan kalo buang angin pun kadang sakit. Mohon pencerahannya dok. Terima kasij

    Halo,

     

    Adanya benjolan di daerah dubur bisa disebabkan karena =

    1. wasir eksterna.
    2. Kista.
    3. Polip anus.
    4. Abses.
    5. Fistula ani.
    6. Trombosis 

    Untuk mengetahui dengan pasti jenis benjolan Anda maka akan diperlukan pemeriksaan dengan langsung terhadap benjolan tersebut. Dokter perlu melakukan pengamatan dan tes fisik langsung serta tes medis lain terhadap benjolan. Tes medis yang umum dilakukan adalah tes  colok dubur, kolonoskopi, tes darah dll.

    Dengan demikian dokter bisa memahami lebih baik jenis benjolan dna kondisi yang sedang Anda alami.

    Wasir adalah sebuah pembesaran pembuluh darah di daerah anus karena kerusakan katup pada pembuluh darah balik tersebut. Penyebab pasti belumlah jelas namun beberapa kondisi seperti sering mengalami konstipasi, mengedan kuat dan pola makan buruk dianggap menjadi pencetus terjadinya wasir ini.

    Penanganan wasir sendiri akan ditentukan dari derajat keparahan kondisi wasir. Derajat wasir eksterna akan ditentukan dari =

    1. Derajat 1, benjolan tidak terlihat atau teraba dari luar, umumnya keluhan hanya berupa diare disertai darah menetes segar .
    2. Derajat 2, benjolan akan nampak saat mengedan dan benjolan akan masuk sendiri ke dalam jika mengedan dihentikan.
    3. Derajat 3 , benjolan keluar setiap kali mengedan dan harus dimasukkan kembali dengan bantuan dari luar.
    4. Derajat 4 , benjolan tidak dapat dimasukkan kembali walau sudha dibantu dari luar, penderita umumnya mengalami rasa nyeri kuat.

    Pada stadium 1 dan 2 pengobatan dengan menggunakan bantuan obat minum bisa diberikan , perubahan pola makan sehat dan konstipasi dengan mencukupi kebutuhan cairan dan serat akan sangat membantu.

    Sementara pada stadium 3 dan 4 bantuan obat tidak memberikan hasil yang sesuai harapan, pengobatan dengan metode teknik ablasi seperti kauter, ikat atau ligasi serta operasi pemotongan wasir perlu dilakukan oleh dokter spesialis bedah.

    Periksakan kondisi Anda ke dokter untuk pemeriksaan yang baik dan optimal.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi