Tanya Dokter

  • Obat untuk asam lambung

  • Selamat siang dok, Suami saya sudah hampir 2 bulan BAB kurang lancar dan seluruh badannya itu sering sakit bahkan BB nya smapai turun drastis, dan uda 3 kali ke dokter,,tapi dr 3x ke dokter mereka smua blg asam lambung, tapi habis obat sakitnya kambuh lagi, mohon sarannya n obat apa yg bisa efektif untuk penyakit ini, trima kasih.

    Halo Meiny,

    Terima kasih sudah bertanya di alodokter.com, Mengalami penyakit asam lambung memang tidak mudah karena selain pengobatan, penderitanya juga harus memodifikasi gaya hidup dan pola makan. Berikut makanan dan minuman yang harus dihindari:

    • makanan pedas, berminyak, dan berlemak
    • minuman berkafein, beralkohol dan bersoda
    • hindari konsumsi coklat, buah yang asam, tomat, bawang bombay, bawang putih

    Selain makanan dan minuman, penderitanya juga disarankan untuk:

    • hindari merokok
    • hindari berbaring setelah makan
    • jangan makan dalam porsi besar. Sebaiknya makan dalam porsi kecil namun lebih sering
    • hindari berolahraga atau melakukan aktifitas berat tepat setelah makan
    • hindari menggunakan pakaian ketat di daerah perut

    Kebiasaan BAB banyak dipengaruhi oleh apa yang kita konsumsi dan kebiasaan orang tersebut. Silakan sarankan suami Anda untuk memperbanyak konsumsi air putih dan makanan berserat seperti sayuran dan buah-buahan. Hindari juga kebiasaan menahan BAB. Jika memang suami Anda sudah memperbaiki pola konsumsi makanan dan minuman dan keluhan tetap berlanjut, maka pemeriksaan dokter lebih lanjut diperlukan untuk mencari penyebabnya. 

    Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah penurunan berat badan. Penurunan berat badan juga perlu segera dicari tahu penyebabnya apalagi jika penuruan berat badan ini drastis dan tidak disebabkan oleh perubahan diet. Penurunan berat badan dapat disebabkan oleh kondisi kesehatan tertentu yang harus segera ditindaklanjuti misalnya gangguan hormon tiroid (baik hipertiroidisme maupun hipotiroidisme), penyakit Addison (gangguan kelenjar adrenal), kanker, penyakit Celiac, radang usus, diabetes, depresi, tuberkulosis, dan lainnya.

    Silakan sarankan suami Anda untuk terus berkonsultasi dengan dokter, bila perlu, kunjungi dokter spesialis penyakit dalam. Dokter perlu mengetahui keluhan suami Anda dan melakukan pemeriksaan. Tidak jarang dokter akan melakukan pemeriksaan lain misalnya pemeriksaan darah, USG, endoskopi, dan lainnya untuk menemukan penyebab lainnya. Dengan terus berkonsultasi dengan dokter, dokter dapat lebih memonitor kondisi suami Anda. Dokter biasanya akan mengganti pengobatan, menggabungkan obat, atau menambah dosis obat agar keluhan dapat tertangani.

    Silakan Anda baca:

    Penyakit asam lambung

    Makanan untuk penderita asam lambung

    Penurunan berat badan

    Semoga membantu.

    Dr. Aloisia